Hari Demam Berdarah Dengue ASEAN 2020

Halloo Healthy People

15 Juni mulai diperingati sebagai HARI DEMAM BERDARAH DENGUE ASEAN sejak tahun 2010. Tujuannya adalah untuk meningkatkan komitmen nasional dan antar negara anggota ASEAN pada upaya pengendalian demam berdarah, baik pencegahan, penanggulangan,hingga tata laksana sehingga angka kejadian dan kematian akibat DBD bisa ditekan.

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penderita demam berdarah terbanyak di ASEAN, dengan 110.921 kasus DBD pada Januari – Oktober 2019. Meningkat cukup drastis dengan jumlah kasus pada 2018, yaitu 65.602 kasus.

Pemberantasan Sarang Nyamuk dapat dilakukan setiap minggu agar jentik nyamuk penyebab demam berdarah tidak berkembang terutama di musim hujan.

Nyamuk penyebab demam berdarah senang berada di tempat yang banyak airnya atau di penampungan air, seperti toilet, bak kamar mandi, ban bekas, kaleng bekas, pot tanaman, dan lain sebagainya.

Jangan lupa lakukan gerakan 3M yaa…yaitu menguras, mengubur dan menutup tempat penampungan air untuk pencegahan berkembangbiaknya nyamuk penyebab demam berdarah.

Tetap jaga kesehatan yaa healthy people….
.
.
.
#germas
#rsudpntb
#pkrsrsudprovntb