Rumah Sakit dan Fasilitas Kesehatan Terapkan Protokol COVID 19 Secara Ketat

Hello Healthy People dan Civitas Hospitalia! 👋

*****

Direktur dr H.Lalu Hamzi Fikri, MM, MARS hari ini (09/08) menyampaikan Update Perkembangan COVID 19 di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Dari informasi yang disampaikan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi NTB tersebut, terdapat penambahan kasus positif baru sebanyak 26 orang sehingga total kasus positif COVID 19 di Provinsi Nusa Tenggara Barat hingga hari ini mencapai 2.315 orang dengan persentase rata-rata positif sebesar 10,1%.

Mengingat penambahan jumlah positif baru COVID 19 masih terjadi, maka membutuhkan usaha lebih keras dari semua pihak untuk bersama memutus rantai penyebaran COVID 19.

Rumah Sakit – Rumah Sakit dan Fasilitas Kesehatan lainnya telah menerapkan protokol kesehatan atau protokol COVID 19 baik melalui skrining, pemberlakuan pemeriksaan PCR (tes Swab) sebelum layanan atau tindakan maupun melalui pembatasan layanan sesuai prosedur yang ada.

Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat telah juga memulai dengan kegiatan skrining bagi pasien rawat jalan berupa asesmen riwayat perjalanan dan penyakit serta pembatasan jumlah pelayanan dengan penerapan wajib masker dan penambahan fasilitas untuk memutus penyebaran COVID 19 di ruang pemeriksaan rawat jalan.

Implementasi Penerapan Protokol COVID 19 yang baru diterapkan Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi NTB melalui Surat Edaran Direktur Nomor 060/36/RSUDP/ 2020 tentang Implementasi Pelaksanaan Pedoman Pencegahan dan Pengendalian COVID 19 Revisi Kelima salah satu poinnya menyebutkan “Skrining COVID 19 Bagi Pasien Operasi Elektif yang telah mendapatkan persetujuan Spesialis Anestesi dilakukan PEMERIKSAAN SWAB di Rawat Jalan”. Pembiayaan prosedur tersebut telah masuk dalam biaya perawatan pasien. Jadi bagi pasien peserta BPJS maka sudah masuk dalam klaim BPJS.

Untuk tindakan operasi bagi pasien COVID 19, Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat telah menyiapkan ruang operasi khusus (OK COVID) sejak beberapa waktu lalu. Hal tersebut dilakukan untuk memutus penularan COVID 19 bagi Petugas dan Pasien yang lain.

Yuk bantu Pemerintah menjadi ‘pejuang’ dalam memutus rantai penularan virus ini dengan #tetapdirumahaja, wajib #menggunakanmasker dan rajin #mencucitangan. 🤗

#MelayaniDenganTulusDanSantun
#NTBMelawanCorona
#BersamaLawanCovid19
‌#rsudpntb
#rsudpsehatdancerdas
#rsudpntbbersihdanmelayani
#rsudpntbasridanlestari
#Pkrsrsudprovntb
#ntbsehatdancerdas
#ntbgemilang