Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat Melakukan Soft Launching Gedung Layanan COVID-19 dan Trauma Center RSUD Provinsi NTB

Hello Healthy People dan Civitas Hospitalia! 👋
*****

Bertepatan dengan Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 Tahun 2020 ini, Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat melakukan Soft Launching Gedung Layanan COVID-19 dan Trauma Center Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Gubernur NTB hadir di Gedung Layanan COVID-19 dan Trauma Center Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat mengendarai Sepeda Motor Listrik Produksi Anak NTB yang hebat.

Gubernur Provinsi NTB, Dr. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc dan Wakil Gubernur Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd. bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah serta beberapa Kepala OPD Lingkup Pemerintah Provinsi NTB melakukan Soft Launching Gedung Layanan COVID 19 dan Trauma Center ditandai dengan pengguntingan pita dan dilanjutkan kunjungan melihat ruang perawatan dan ruang tindakan IGD COVID – 19 ini.

Gedung layanan COVID-19 dan Trauma Center dibangun berdasarkan kebutuhan rumah sakit dan Masyarakat NTB. Jumlah pasien COVID 19 terus bertambah belum diikuti dengan tersedianya secara signifikan ruang perawatan isolasi yang mencukupi baik kuantitas maupun kualitas untuk perawatannya.

Gedung Layanan COVID -19 dan Trauma Center dibangun di atas lahan seluas 2.181,33m2 dengan luas bangunan 2.641,80 m2 , terletak disamping Gedung IGD yang sudah ada. Gedung ini terdiri dari 2 lantai, dan dalam pengembangannya direncanakan menjadi 6 lantai. Gedung ini selain untuk layanan COVID 19, juga untuk mendukung perhelatan Moto GP di Mandalika dari aspek kesehatan sebagai rumah sakit rujukan.

Gedung Layanan COVID 19 dan Trauma Center memiliki pintu akses pasien dan petugas yang terpisah, sehingga meningkatkan keamanan petugas yang merawat.

Lantai dasar gedung antara lain dilengkapi dengan 7 ruang observasi pasien yang masing-masing berisi 6 tempat tidur, ruang tindakan yang setara kamar operasi minor yang dapat digunakan untuk pasien trauma yang suspect, probable, bahkan terkonfirmasi COVID-19. Lantai dasar juga di lengkapi dengan Ruang Depo Farmasi, OTS, Penunjang Radiologi Portable Bedsite, dan Pneumatic Tube untuk mempermudah tranportasi sampel laboratorium ke Labotarorium central.

Sementara lantai 2 merupakan ruang rawat inap dengan 16 kamar perawatan bertekanan negative sesuai standart, khusus untuk perawatan pasien covid-19. Setiap kamar berisikan 2 tempat tidur yang sesuai standart safety yang dilengkapi pula dengan 2 kamar VIP, 2 kamar ICU perawatan pasien COVID -19, sehingga total kamar tersedia 20 kamar, dengan 36 tempat tidur.

Untuk operasional pelayanan Gedung Layanan Covid 19 dan Trauma center ini, Rumah Sakit bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Daerah telah menyiapkan tambahan 121 orang Tenaga Kesehatan dan Tenaga Non Kesehatan Baru khusus penanganan COVID 19 sesuai kebutuhan.

Disamping itu telah juga diadakan penambahan alat kesehatan dan meubelair sesuai dengan kebutuhan gedung layanan covid-19 dan trauma center ini.

Yuk bantu Pemerintah menjadi ‘pejuang’ dalam memutus rantai penularan virus ini dengan #tetapdirumahaja, wajib #menggunakanmasker dan rajin #mencucitangan. 🤗

#MelayaniDenganTulusDanSantun
#NTBMelawanCorona
#BersamaLawanCovid19
#rsudpntb
#rsudpsehatdancerdas
#rsudpntbbersihdanmelayani
#rsudpntbasridanlestari
#Pkrsrsudprovntb
#ntbsehatdancerdas
#ntbgemilang