“Bila Pasien Itu Saya”

Hello Healthy People dan Civitas Hospitalia! 👋

*****

Ada istilah “BPIS ” Bila Pasien Itu Saya. Ketika mengkondisikan sebagai pasien maka kita pasti berharap pelayanan yang diterima adalah yang yang terbaik. Sehingga diharapkan kita dapat melakukan pelayanan terbaik dengan diawali dengan 5 S, Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun. Hal ini disampaikan oleh H. Maksum, S.Kep. MSi, Kepala Bidang Keperawatan pagi ini (27/08).

Ditegaskan oleh H. Maksum, bahwa Berani bergabung di Civitas Hospitalia, maka sudah harus siap memberikan pelayanan terbaik dengan tulus dan santun.

Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat telah 2 (dua) kali berturut-turut memperoleh Akreditasi PARIPURNA, implementasinya segala pelayanan dilakukan sesuai standar akreditasi.

Bagi tenaga baru diminta harus beradaptasi dengan standar yang ada dalam melaksanakan tugas sesuai profesinya masing-masing. Ada cara yang bisa dipraktekkan agar terhindar dari kesalahan, yaitu ; tulis, baca ulang dan konfirmasi.

Sementara khusus bagi tenaga perawatan diingatkan bahwa di keperawatan ada filosofi kesederhabaan dan kesempurnaan dalam bekerja. Sehingga yang diutamakan adalah performance yang baik bukan yang mencolok atau pamer dalam berpenampilan tetapi attitude dan skill yang baik ditambah dengan komunikasi yang baik.

Kita yang yang bekerja di rumah sakit memiliki kesempatan belajar yang sangat luas. Sekaligus kesempatan meningkatkan keterampilan dengan mengikuti kegiatan dengan para klinisi sesuai SOP sekaligus mengasah kemampuan interpersonal. Disarankan kepada petugas yang baru untuk tidak ragu ragu untuk bertanya dan jika ada ketersinggungan dalam bekerja maka jadilah sebagai orang yang bijaksana dengan segera memberikan maaf dengan tulus dan santun. “Orang pertama yang memaafkan maka orang tersebut adalah orang yang berani, terkuat dan paling berbahagia” ungkap Kabid Keperawatan mengakhiri pengarahannya.