Yayasan Jantung Sehat NTB Menggelar Senam Jantung untuk Kalangan Masyarakat Sekitar Rumah Sakit

Hello Healthy People dan Civitas Hospitalia! 👋

Menggalakan senam jantung sehat di kalangan masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar rumah sakit. Mengingat pentingnya memelihara kesehatan jantung, pengurus Yayasan Jantung Sehat NTB secara rutin membina klub klub jantung sehat yang ada seperti yang dilakukan pada sore ini (27/08).

Senam jantung adalah olahraga yang baik untuk kesehatan jantung. Di Indonesia, senam jantung cukup populer. Bahkan senam jantung sudah dibuat sampai beberapa seri dan cocok digunakan oleh semua orang. Senam jantung sehat juga merupakan olah raga yang disusun dengan selalu mengutamakan kemampuan jantung, gerakan otot besar dan kelenturan sendi, agar dapat memasukkan oksigen sebanyak mungkin ke dalam tubuh. Senam jantung sehat bertujuan merawat jantung dan pembuluh darah. Pembuluh darah yang sehat, membuat kerja jantung menjadi optimal, karena kedua organ tersebut bekerja saling berhubungan.

Gerakan senam jantung sehat dibuat khusus dengan tujuan menjaga performa jantung, agar jantung dapat mengambil oksigen sebesar-besarnya dengan tujuan kadar oksigen dalam tubuh dapat terpenuhi. Senam jantung harus dilakukan 3 kali dalam seminggu dengan durasi 30 menit, agar manfaat senam jantung dapat terasa.

Manfaat Senam Jantung Sehat untuk jantung, antara lain:

Memperbaiki denyut nadi

Manfaat Senam Jantung Sehat untuk jantung yang pertama adalah memperbaiki denyut nadi. Salah satu komponen yang amat penting untuk menunjukkan kesehatan jantung adalah denyut nadi. Untuk itu, senam jantung juga ditujukan untuk memperbaiki denyut nadi. Sehingga kesehatan jantung pun terjaga.

Melancarkan aliran darah

Fungsi ini sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung sebab bisa mencegah terjadinya penyakit stroke, jantung koroner, dan yang lainnya. Selain itu, juga bisa membantu mengurangi penyumbatan pembuluh darah yang diakibatkan oleh timbunan lemak dan kolesterol yang kini sudah menjadi momok karena gaya hidup yang tidak sehat.

Metabolisme berjalan baik

Dapat menjaga kondisi fisik akan membaik dan metabolisme nya pun bisa membaik.

Bagi mereka yang ingin menghindari penyakit jantung sejak dini, sebaiknya melakukan olah raga secara rutin dan teratur. Namun sekali lagi, sebaiknya berkonsultasi dulu sebelum memutuskan melakukan satu jenis olahraga. Apalagi mereka yang sebelumnya sudah mengidap penyakit, seperti darah tinggi, rasa sakit di dada, napas tersengal-sengal, penyakit jantung atau yang sebelumnya tidak pernah berolahraga sama sekali.