Tenaga Kesehatan Baru Melakukan Training dan Pengenalan Ruang ICU dan Penggunaan Ventilator

Hello Healthy People dan Civitas Hospitalia! 👋

Tenaga Baru mengenal lebih dekat Ventilator

****

Tenaga Kesehatan baru yang ditempatkan di Gedung Layanan COVID-19 dan Trauma Center mendapatkan training dan pengenalan ruang ICU (17/08)

Ruang ICU dapat diartikan sebagai ruangan di rumah sakit yang digunakan untuk perawatan intensif bagi pasien dengan kondisi yang sudah gawat. ICU sendiri adalah singkatan dari Intensive Care Unit.

Ruangan ini dilengkapi dengan peralatan-peralatan khusus yang tidak terdapat di kamar perawatan biasa. Alat-alat tersebutlah yang digunakan untuk menunjang fungsi organ yang rusak pada pasien, agar bisa bertahan hidup. Aturan yang berlaku di ruang ICU pun berbeda dari kamar rumah sakit biasa. Misalnya saja, keluarga atau orang lain tidak bisa dengan mudah masuk menjenguk pasien yang sedang dirawat di dalamnya.

Pada kesempatan training ini, Fasilitator yang merupakan Perawat Senior ICU memperkenalkan beberapa alat khsuus yang digunakan di ruang ICU, diantaranya ventilator dan peralatan monitoring.

Ventilator

Ventilator adalah alat bantu napas yang dipasang pada pasien dengan kerusakan paru-paru yang parah hingga kesulitan bernapas. Untuk bisa membantu pernapasan, selang ventilator bisa dimasukkan melalui mulut, hidung atau melalui lubang kecil yang dibuat di tenggorokan.

Peralatan monitoring

Di samping pasien yang sedang dirawat di ICU, terdapat layar yang memperlihatkan kondisi detak jantung, tekanan darah, hingga kadar oksigen dalam darah. Di layar tersebut juga terlihat garis-garis yang menunjukkan grafik detak jantung pasien yang juga mengeluarkan suara sesuai detakan jantung.