Kegiatan Ronde Multidisiplin di Ruang VIP P. Kuta Berlangsung Hari Ini

Hello Healthy People dan Civitas Hospitalia! 👋

Hari ini, Rabu 23 September 2020, berlangsung kegiatan Ronde Multidisiplin di ruang VIP Pantai Kuta RSUDP NTB. Kegiatan ini diinisiasi oleh Manajer Pelayanan Pasien (MPP) sebagai bagian dari fungsi MPP untuk memfasilitasi diskusi2 antar PPA (Profesional Pemberi Asuhan) terkait asuhan yg telah dan akan diberikan kepada pasien.

Ronde multidisiplin kali ini merupakan ronde kesekian kalinya yg telah dilaksanakan di RSUDP NTB. Kegiatan diskusi antar PPA ini ditujukan untuk membahas suatu kasus kompleks yg ditangani oleh lebih dari 2 DPJP dengan harapan asuhan yg diberikan pada pasien berfokus pada kebutuhan pasien atau Patient Centered Care (PCC). PCC adalah suatu pendekatan yg memungkinkan asuhan terintegrasi dari para PPA serta memberi ruang lebih kepada pasien dan keluarga untuk terlibat secara aktif dalam pengambilan keputusan klinis pada pasien.

Pelaksanaan ronde multidisiplin ini melibatkan seluruh PPA yg terlibat dalam perawatan pasien. Para PPA ini meliputi Dokter Penanggung Jawab Pelayanan (DPJP), Perawat Penanggung Jawab Asuhan (PPJA), farmasist dan nutrisionis yg memberikan asuhan langsung kepada pasien. Terima kasih kepada bapak Wadir Pelayanan yg untuk kesekian kalinya selalu hadir dan memimpin ronde multidisiplin ini. Terima kasih kepada para PPA di ruang VIP Pantai Kuta (DPJP, PPJA, Nutrisionis dan Farmasis), Jajaran Manajemen (bidang keperawatan dan Bidang Pelayanan Medis), Instalasi Rawat Inap, Rawat Inap serta Kepala Ruangan Pantai Kuta beserta staf yg telah hadir dan memberikan dukungan dalam pelaksanaan kegiatan ini

Ronde muldisiplin merupakan bagian dari pelaksanaan fungsi MPP yg unik yg disatu sisi merupakan client advocate (mengadvokasi kepentingan2 pasien) dan disisi lain merupakan bagian dari civitas hospitalia. Hal ini tentu membutuhkan kemampuan komunikasi dan koordinasi yg baik dg berbagai pihak. Semoga kedepan kegiatan2 positif seperti ini dapat terus dilaksanakan terutama untuk membangun hubungan antar PPA yg semakin baik dan interdicipline collaboration yg semakin solid.