Memasuki Usia 2 Tahun, Instalasi Radioterapi Terus Meningkatkan Pelayanan

Hello Healthy People dan Civitas Hospitalia! 👋

Instalasi Radioterapi telah memasuki usia 2 tahun, terhitung sejak Bulan Desember 2018. Hal ini disampaikan dr. Hadi Nurhadi, Sp.Onk. Rad Kepala Instalasi Radioterapi (02/11).

dr. Hadi menyampaikan bahwa di awal pelayanan Instalasi Radioterapi ini hanya melayani beberapa kasus seputar kanker payudara, namun saat ini sudah banyak variasi penyakit kanker yang telah dilayanai seperti : kanker otak, kanker paru, kanker leher, kanker gaster, kanker gynekologi dan kanker kulit serta beberapa jenis kanker lainnya dengan berbagai tingkatan (grate).

Dengan berbagai jenis pasien kanker dilayani akan memberikan peluang Instalasi Radioterapi untuk meningkatkan kompetensi layanannya. Namun disayangkan sekitar 60-65% pasien datang dengan stadium lanjut. Ini menjadi tantangan sendiri Tim Radioterapi untuk mengurangi angka mortalitas akibat kanker di NTB, lanjut dr Hadi.

Perlu disadari mungkin pandei COVID 19 akan ada akhirnya namun keganasan kanker ini tetap menjadi ancaman penduduk di Indonesia. Itu sebabnya Instalasi Radioterapi tetap membuka layanan tanpa batasan selama masa Pandemi COVID 19 ini.

Sementara diakhir sesi Wadir Pelayanan, dr. Agus Rusdhy Hamid, Sp.OG (K) MARS menambahkan pesan perlunya “deteksi Dini’ dalam menghadapi bahaya kanker ini.