Instalasi Bedah Sentral Menyampaikan Prosedur Operasi pada Era Pandemi COVID-19

Hello Healthy People dan Civitas Hospitalia! 👋

Instalasi Bedah Sentral tampil dengan menyampaikan prosedur operasi pada Era Pandemi Covid 19. Kepala IBS ‘dr. Suhajendro, Sp.U” bersama timnya melakukan sosialisasi prosedur ini dihadapan Civitas Hospitalia pagi ini (13/11).

Pada situasi pandemi saat ini, Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Nusa Tengga Barat telah melengkapi beberapa fasilitas yang mendukung pelayanan guna mempercepat penanganan COVID-19.

Salah satu bentuk fasilitas tersebut adalah Ruang Operasi (OK) Cito khusus pasien COVID-19, yaitu kamar operasi yang melayani pasien dengan kegawatdaruratan dan sekaligus menyandang status suspect atau konfirmasi, dengan kriteria sebagai berikut:
1. Suspect yang disimpulkan berdasarkan gejala klinis, hasil thorax foto, dan scan thorax.
2. Confirm apabila hasil PCR tes adalah positif.

Adapun alur pelayanan pasien pada OK Cito Covid, yaitu:
1. Pasien dari ruang isolasi/ IGD Covid, disiapkan oleh petugas.
2. Terjadi koordinasi antara tim Covid ruangan dengan tim OK Covid, tentang kesiapan kamar operasi, kesiapan petugas, dan kesiapan pasien.
3. Hasil koordinasi dilaporkan kepada tim Satgas.
4. Satgas menginstruksikan kepada tim isolasi ruangan untuk membawa pasien, setelah memastikan kesiapan tim Anestesi, tim Bedah, dan operator.
5. Pasien dikirim ke ruang premedikasi.
6.Pasien diterima di ruang premedikasi oleh sirkuler.
7.Terjadi timbang terima, sirkuler memastikan kolom sign in pada ceklist keselamatan pasien sudah terisi dengan benar.
8. Pasien dibawa ke kamar bedah dan dilakukan tindakan operasi.
9.Pasca operasi, pasien tidak melalui ruang pulih.
10. Tim bedah melaporkan kepada Satgas bahwa operasi telah selesai
11. Satgas menghubungi tim transportasi untuk membawa pasien kembali ke ruangan asal. Jika pasca operasi pasien menuju ruang perawatan intensif, maka yang mengantarkan pasien adalah satu anggota tim anestesi bersama satu anggota tim bedah.

Seperti biasa, diakhir Sesi Tim IBS juga menyerahkan doorprize bagi peserta apel pagi yang dapat menjawab dengan benar pertanyaan seputar materi yang disampaikan.

Terima kasih kepada Tim IBS atas penampilannya : dr. Suhajendro, SpU, Selly Rizka Dewi, A.Md.Kep, Riza Pahroni, A.Md.Kep, Putu Ari Kuntarini, S.Kep, Ns, Endang Sri Wardani, S.Kep.Ns dan Host Jumat ini, Baiq Irma Adlianjani, S.Kep.Ns