World Prematurity Day 2020

Hallooo Healthy People

17 November diperingati sebagai Hari Prematur Sedunia. Data menunjukkan setiap tahun 15 juta anak terlahir prematur di seluruh dunia. Dan jumlah ininterus bertambah. Sementara kelahiran prematur juga merupakan penyebab kematian tertinggi bayi baru lahir.

Disamping itu, kelahiran prematur menjadi penyebab komplikasi kondisi kesehatan. Komplikasi jangka pendek, yaitu gangguan pernafasan dan peningkatan resiko infeksi.
Untuk komplikasi jangka panjang, kelahiran prematur meningkatkan resiko penyakit tidak menular seperti hipertensi dan diabetes.

Sementara itu, study dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat menunjukkan ibu hamil yang terinfeksi Covid-19 yang bergejala atau dirawat di RS memiliki resiko yang tinggi melahirkan bayi secara prematur. Dalam studi tsb, kelahiran prematur terjadi kira2 3 kali lebih tinggi pada ibu hamil yang bergejala dibandingkan mereka yanh tidak bergejala.

Healthy People, jangan lupa untuk tetap ikut ambil bagian dalam memutus rantai penularan Covid-19 dengan tetap menerapkan 3M, Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak.