Talkshow Onkologi Terpadu Pada Penderita Kanker Payudara

Hello Healthy People dan Civitas Hospitalia! 👋

Pelayanan Onkologi Terpadu Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu layanan unggulan yang diharapkan dapat melakukan pencegahan dan pengobatan penyakit kanker yang semakin meningkat baik kuantitas maupun kualitas khususnya di wilayah Nusa Tenggara Barat.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam rangka pencegahan dan pengobatan penyakit kanker di Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat yaitu:

Usaha promotif meliputi Ceramah rutin bulanan, seminar awam, talk show, brosur, spanduk, Koran/ majalah dan media sosial.

Usaha preventif meliputi Pelarangan merokok di lingkungan Rumah Sakit; meminimalisir paparan radiasi di Radiologi dan Radioterapi ; menghindari penggunaan bahan makanan yang mengandung pengawet, penyedap, pewarna sintesis dan penyedap di Instalasi gizi dan Kantin Rumah Sakit; ceramah/ seminar awam tentang upaya pencegahan kanker; dan operasi untuk mencegah kanker.

Deteksi dini Kanker meliputi mamografi, Usg mammae, Pap Smear, bronkoskopi, Endoskopi; ceramah/ seminar awam tentang tanda dan gejala dini kanker; dan brosur dan spanduk tentang tanda dan gejala dini kanker.

Terapi Kanker meliputi Pembedahan, mulai tumor yang kecil sampai yang besar ( dari stadium dini sampai stadium Advance); Kemoterapi, pada ruangan dan perawat dengan keterampilan khusus; brachyterapy dan radioterapi.

Berikut bentuk kegiatan edukasi pencegahan kanker yang dilakukan Rumah sakit melalui talkshow layanan onkologi terpadu.