Pentingnya Mencuci Tangan Pakai Sabun Dalam Masa Pandemi COVID-19

Hello Healthy People dan Civitas Hospitalia! 👋

Mencuci tangan mungkin terlihat mudah dan sering diremehkan hingga dilupakan. Namun tahukah Anda bahwa mencuci tangan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam dunia medis, hingga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) membuat sebuah kampanye global untuk menyatakan setiap tanggal 15 Oktober adalah Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS).

Begitu banyak penyakit yang dapat ditularkan seperti penyakit saluran pernapasan, diare, infeksi cacing dan penyakit kulit. Dengan hanya mencuci tangan, tingkat infeksi saluran pernapasan dapat menurun hingga 16-25%.
Terlebih dalam era Pandemi COVID -19 ini, Pemerintah telah mengkampanyekan pentingnya cuci tangan sebagai salah satu protokol kesehatan yang harus dijalankan setiap orang di manapun berada.

Lalu kapan waktu yang tepat untuk kita perlu mencuci tangan? Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dan Kementrian Kesehatan, berikut adalah saat-saat kita perlu mencuci tangan:

1. Sebelum, saat, dan sesudah menyiapkan makanan.

2. Sebelum dan setelah makan.

3. Sebelum menyusui bayi.

4. Sebelum dan setelah mengasuh seseorang yang sakit di rumah.

5. Setelah buang air.

6. Setelah batuk atau bersin.

7. Setelah menyentuh sampah.

8. Setelah beraktivitas seperti mengetik, menyentuh uang, hewan atau binatang, berkebun.

Selanjutnya bagaiamana langkah yang tepat mencuci tangan, rekan rekan dari Rumah Sakit Darurat Asrama Haji memperagakannya dalam tayangan berikut.

Yuk bantu Pemerintah menjadi ‘pejuang’ dalam memutus rantai penularan virus ini dengan #tetapdirumahaja, wajib #menggunakanmasker dan rajin #mencucitangan. 🤗

#MelayaniDenganTulusDanSantun
#NTBMelawanCorona
#BersamaLawanCovid19
#rsudpntb
#rsudpsehatdancerdas
#rsudpntbbersihdanmelayani
#rsudpntbasridanlestari
#Pkrsrsudprovntb
#ntbsehatdancerdas
#ntbgemilang