Acara Ilmiah Pagi Oleh Sub Komite Medik Sebagai Ajang Transfer Ilmiah

Hello Healthy People dan Civitas Hospitalia! 👋

Acara Ilmiah Jum’at Pagi (27/11) diselenggarakan oleh sub komite mutu profesi komite medik Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi NTB sebagai ajang transfer ilmu dari dokter Spesialis ke dokter IGD .

Disamping itu juga sebagai ajang diskusi kasus yang kompleks di Rumah Sakit serta bisa sebagai bahan masukan utk manajemen pelayanan apabila diperlukan.

Acara ini biasanya diadakan di gedung IGD lantai 2, setelah adanya Pandemi COVID 19, maka acara ini mengalami perubahan sehingga diadakan menjadi bentuk virtual melalui aplikasi zoom.

Acara Ilmiah jum’at pagi yg diadakan secara virtual sdh berjalan sebanyak 4 kali dan bertindak sebagai moderator adalah dr Yudhi Kurniawan, Sp.A dari Subkomite Mutu Profesi.

Kasus pada hari ini adalah diskusi kasus Tetanus pada Anak. Hikmah pembelajaran dari kasus Tetanus ini adalah diperlukan ruang isolasi khusus untuk kasus Tetanus terutama untuk kasus Tetanus anak.

Pemantauan yang intensif juga sangat penting pada kasus ini terutama pemantauan cairan dan pemberian obat anti tetanus. Keberhasilan manajemen pelayanan tetanus ini akan terwujud apabila semua pihak yang terkait bisa bekerja sama dengan tepat dan cepat.

Kasus-kasus yg pernah dibahas pada acara Ilmiah jum’at pagi via virtual ini adalah sebagai berikut
1. Kasus Ca Paru dan efusi pleura dengan Narsumber dr Salim Thalib,Sp.P;
2. Kasus Syok Anafilatik dengan Narsumber dr Haris Widita,Sp.PD KGEH;
3. Kasus luka bakar dengan Narsumber dr Umu Istikharah, SpBP-RE.

Hal ini seperti disampaikan oleh Ketua Komite Medik, “dr Menik Widyasari, Sp. KFR di ruang kerjanya.