Mataram. 28 April 2017. Seiring telah diperolehnya predikat akreditasi paripurna di bidang pelayanan, tidak memupuskan ikhtiar RSUD Provinsi NTB untuk meningkatkan mutu RS  ke depan. Tanggal 21 April 2017 lalu, RSUD Provinsi NTB menyelenggarakan Bimbingan Teknik Penilaian Akreditasi  RS- Pendidikan dengan mendatangkan narasumber dari Tim Kementerian Kesehatan RI-Jakarta.  Seperti yang diketahui bahwa RSUD Provinsi NTB merupakan RS Type B Pendidikan dengan memiliki kerjasma dengan Fakultas Kedoktyeran Universitas Mataram, tahun ini sudah harus dilakukan penilaian akreditasi lagi.

Penilaian akreditasi RS Pendidikan tersebut direncanakan pada Bulan Juli 2017 mendatang, sehingga diperlukan komitmen dan perencanaan yang kuat dari Badan  Koordinasi Pendidikan (Bakordik)  RSUD Provinsi NTB dan Fakultas Kedokteran Unram. Salah satunya dengan melaksanakan bimbingan teknik penilaian akreditasi RS – endidikan yang berlangsung selama 1 (satu) hari. Kegiatan ini juga dihadiri oleh seluruh Manajemen dan Tim Bakordik RSUD Provinsi NTB, Tim Fakultas Kedokteran Unram, Komite Medik, Dewan Pengawas dan Mitra / Jejaring Pedidikan RSUD Provinsi NTB.

Dalam pelaksanaan kegiatan bimtek diisi penyajian materi dari 3 Narasumber Kementerian kesedhatan RI – Jakarta  dan Pendalaman Dokumen- Dokumen Akreditasi Pendidikan yang telah disiapkan oleh Pokja Akreditasi Pendidikan yang berasal dari Tim Bakordik RSUD Provinsi NTB dan Fakultas Kedokteran Unram.

Hasil Bimtek ini  merupakan rekomendasi perbaikan baik dari sisi  dokumen akreditasi, re-organisasi Bakordik menjadi Komkordik (Komite Koordinasi Pendidikan) maupun peningkatan kualitas  implementasi pelaksanaan pendidikan di RSUD Provinsi NTB. (Humas/ ikin)