Hemodialisa adalah suatu tindakan dimana darah pasien dibersihkan. Tindakan ini dilakukan untuk menghilangkan atau mengurangi zat-zat sisa metabolism yang berbahaya/beracun bagi tubuh pasien serta menghilangkan kelebihan garam dan membantu tubuh untuk menjaga keseimbangan zat-zat kimia tubuh seperti kalium, natrium, dan  klorida.

Hemodialisa merupakan keharusan yang harus dijalani oleh pasien yang menderita gagal ginjal akut berkomplikasi dan gagal ginjal terminal. Dimana pada kondisi tersebut ginjal sudah tidak sanggup lagi untuk membuang sisa-sisa metabolisme sehingga memperburuk keadaan kesehatan pasien. Hemodialisa juga dilakukan untuk mengeliminasin toxin dalam tubuh pada pasien-pasien dengan intoksikasi obat.  Untuk menunjang kegiatan HD, RSUD Prov. NTB memiliki 40 mesin HD.

Keunggulan mesin HD yang dimiliki adalah menggunakan mesin HD yang  terbaru dan tercanggih saat ini. Dilengkapi dengan alat yang dapat melakukan double filtrasi terhadap bakteri pada air yang masuk kedalam tubuh pasien sehingga meningkatkan patient safety.