Pelayanan penderita gawat darurat di gedung instalasi gawat darurat memberikan pelayanan 24 jam, dengan tenaga ahli darurat yang professional dan terlatih baik, yang dilengkapi dengan peralatan modern dan canggih. Pelayanan di Instalasi Gawat Darurat antara lain ; triage, bedah, non bedah, pelayanan gawat ibu, pelayanan gawat anak, pelayanan operasi emergency, pelayanan resusitasi.

Sistem Pelayanan IRD :

Dengan system triage, penderita dipilih dan dilayani berdasarkan tingkat kegawatannya/ancaman jiwa yang timbul serta dikelompokkan menjadi 3 golongan terdiri dari ;

  1. Prioritas 1 (P1/Red Zone) : Mengancam jiwa atau fungsi vital, perlu resusitasi dan tindakan bedah segera, mempunyai kesempatan hidup yang besar. Penanganan dan pemindahan bersifat segera yaitu gangguan pada jalan nafas, pernafasan dan sirkulasi.
  2. Prioritas 2 (P2/Yellow Area) : Potensial mengancam nyawa atau fungsi vital bila tidak segera ditangani dalam jangka waktu singkat. Penanganan dan pemindahan bersifat jangan terlambat.
  3. Prioritas 3 (P3/Green Area) : Perlu penanganan seperti pelayanan biasa, tidak perlu segera. Penanganan dan pemindahan bersifat terakhir

 

Fasilitas Kesehatan yang tersedia di IRD

Ruang Tunggu (public area) :

  • Informasi
  • Toilet
  • Kafetaria
  • Keamanan

Ruang Administrasi :

  • Pendaftran pasien baru/rawat
  • Keuangan
  • Rekam Medik

Sarana Ruang Tindakan (2 – 6jam) :

  • Ruang Dekontaminasi (2-6 jam)
  • Ruang Tindakan P3 (2-6 jam)
  • Ruang Tindakan (P2)
  • Bedah
  • Non Bedah / medical
  • Anak
  • Kebidanan
  • Ruang Resusitasi (P1) /Semi Steril
  • Ruang Operasi Emergency (steril)

Sarana Khusus (> 6 jam) :

  • Runag Observasi (P3)
  • Ruang Khusus
  • Ruang Observasi intensive / HCU
  • Intermediate
  • Ruang Luka Bakar
  • Ruang Hemodialisa
  • Ruang Isolasi