Instalasi radiologi adalah salah satu penunjang medis yang sangat diperlukan guna membantu ketepatan diagnosis dan pengobatan. Fungsi utama instalasi radiologi adalah menyelenggarakan diagnosis dengan bantuan alat radiography, fluoroscopy dan radio isotop serta memberikan masukan kepada dokter melalui interprestasi yang ditemukan pada hasil foto rontgen.

Instalasi Radiologi RSUD Prov. NTB memberikan berbagai fasilitas pemeriksaan yang terbagi menjadi 4 kategori pemeriksaan yaitu :  

  • Sederhana, seperti Foto Thorax, BNO
  • Sedang, seperti Foto panoramic gigi
  • Canggih A seperti uretrografi, renografi
  • Canggih B seperti IVP, C-arm, CT-Scan.

C-ARM

C-Arm adalah salah satu alat radiologi yang digunakan untuk melihat gambar atau obyek dari pasien yang dapat dilihat langsung dengan cara fluoroscopy dengan bantuan layar monitor. C-Arm merupakan alat radiologi yang menghasilkan X-Ray dengan fluoroscopy dan pancaran radiasi yang kecil, oleh karena itu operator yang menggunakan alat ini harus menggunakan alat pelindung atau Appron yang dilapisi dengan Pb (timbal) dengan ketebalan 22 mm.

C-Arm juga dapat digunakan untuk pilihan radiography apabila menghendaki untuk menghasilkan gambar atau film X-Ray, dapat pula digunakan sebagai penunjang medis untuk bedah  orthopedic, bedah laparoskopi, dan bedah saraf.

CT – SCAN (Computed Tomography Scan)

CT-Scan dapat memberikan gambaran dari berbagai sudut kecil dari tulang tengkorak dan otak. Tujuan utama penggunaan CT-Scan adalah untuk pemeriksaan seluruh organ tubuh, seperti susunan saraf pusat, otot dan tulang, tenggorokan, rongga perut.

CT-Scan sangat membantu dokter untuk menetapkan dengan tepat diagnose sebuah penyakit. Kelebihan dari CT scan antara lain ; gambar yang dihasilkan memiliki resolusi yang baik dan akurat, waktu perekaman relative cepat, gambar yang direkonstruksi dapat dilihat dari berbagai sudut pandang.