H. L.Hamzi Fikri, MM

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Nusa Tenggara Barat merupakan Rumah Sakit kelas B pendidikan dan Rumah Sakit Pusat Rujukan di Provinsi Nusa Tenggara Barat bertugas melakukan pelayanan kesehatan masyarakat untuk kabupaten/kota yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Selain itu RSUD Provinsi NTB juga dimanfaatkan sebagai lahan praktek mahasiswa pendidikan kesehatan dan juga digunakan untuk kepentingan praktek calon dokter oleh Fakultas Kedokteran Universitas Mataram (FK.UNRAM)

Sebagai rumah kelas B Pendidikan dan Rumah Sakit Rujukan, RSUD Prov. NTB telah menyiapkan fasilitas pendidikan dan pelatihan, tahun 2016 RSUD Provinsi NTB memiliki 26 poli Klinik, IRD untuk pasien emergensi  Kabupaten/Kota, pelayanan rawat inap serta pelayanan penunjang lainnya.

Dalam menjalankan fungsi pelayanan dan pendidikan Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi NTB telah menyiapkan  72 dokter Spesialis termasuk dokter spesialis paruh waktu, 47 dokter umum, 3 dokter gigi,  385 tenaga keperawatan dan 157 tenaga paramedis non keperawatan.

RSUD Prov. NTB secara resmi telah di relokasi pada Bulan Desember 2015 dari Jalan Pejanggik No. 6 Mataram ke Jalan Praburangkasari Dasan Cermen.  Dengan luas lahan dan bangunan serta fasilitas Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat yang lebih refresentatif sehingga menunjang upaya-upaya pengembangan pelayanan kesehatan masyarakat serta pendidikan di Nusa Tenggara Barat.

Sudah selayaknya masyarakat mengetahui dan memanfaatkan fasilitas dan pelayanan kesehatan yang ada di RSUD Provinsi NTB, Dokumen Profil dan Informasi RSUD Provinsi NTB ini sangat penting sebagai salah satu sarana sosialisasi agar masyarakat mendapat gambaran secara jelas namun ringkas tentang layanan RSUD Prov. NTB.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa menyertai langkah kita dalam memberikan pendidikan terbaik untuk calaon tenaga medis/paramedis non kesehatan serta bagi pasien, keluarga dan masyarakat pada umumnya. Amin.