TOR ALKES TP 2014

 KERANGKA ACUAN KERJA/TOR (TERM OF REFERENCE)

KEGIATAN PENGADAAN ALAT KESEHATAN DEKONSENTRASI TUGAS PEMBANTUAN (TP) SATKER RUMAH SAKIT UMUM PROVINSI NTB

TAHUN 2014

 

 Kementerian Negara/Lembaga    : Kesehatan (024)

Unit Eselon I                                     : Dirjen Bina Upaya Kesehatan (04)

Program                                             : Pembinaan Upaya Kesehatan (14)

Hasil                                                   : Tersedianya Alat Kesehatan Rumah Sakit

Satker                                                 : RSU Mataram

Kegiatan                                            : Pengadaan Alat Kesehatan

Indikator Kinerja Keluaran            : Terpenuhinya Fasilitas Sarana dan Prasarana RS

Satuan Ukur/Jenis Keluaran         : Unit

Volume                                              : 28

 

  1. Latar Belakang
  2. Dasar Hukum
  • Undang-Undang No. 36 tahun 2009 tentang Kesehatan.
  • Undang-Undang No. 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit
  • Inpres No. 1 tahun 2010 tentang Percepatan Pelaksanaan Prioritas Pembangunan Nasional Tahun 2010
  • Inpres No. 3 tahun 2010 tentang program Pembangunan yang berkeadilan.
  • Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 375/MENKES/SK/V/2009 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Bidang Kesehatan (RPJP-K) Tahun 2005-2025
  • Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK 03.01/60/I/2010 tentang Rencana Strategis Kementerian Kesehatan RI Tahun 2010-2014.

 

 

  1. Gambaran Umum Kegiatan

Komitmen Pemerintah Daerah dalam pembangunan sejalan dengan Kebijakan Pembangunan Nasional yaitu memprioritas pembangunan di bidang pendidikan dan kesehatan. Telah banyak upaya dilakukan pemerintah daerah melalui program-program kegiatan di bidang kesehatan untuk mencapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tengah menerapkan tujuh program terobosan di bidang kesehatan, terkait penanggulangan kemiskinan sesuai target penurunan angka kemiskinan dua persen setahun dan program pemerintah yang lain diantaranya peningkatan sarana prasarana kesehatan, peningkatan sumber daya kesehatan, peningkatan kelembagaan, penajaman program/kegiatan.

Untuk meningkatkan akses pelayanan kesehatan yang merata kepada masyarakat, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat saat ini sedang dalam proses persiapan merelokasi RSU Provinsi NTB ke lokasi yang memungkinkan untuk pengembangan lebih lanjut mengingat lokasi RSU Provinsi NTB saat ini sudah tidak memungkin untuk di kembangkan sesuai standar Rumah Sakit Pendidikan.

Prioritas pertama  yang telah dilakukan saat adalah meningkatkan pelayanan terhadap pasien Khususnya Pelayanan persalinan, perawatan anak dan bayi dan ibu hamil dan menyusui dalam menunjang program pemerintah untuk AKINO dan peningkatan peyanan pasien Pengguna Jamkesmas.        Pelayanan yang memenuhi syarat dan memadai serta sesuai dengan standar pelayanan sebagai Rumah Sakit Pusat Rujukan di Provinsi NTB dan sebagai RS Pendidikan tidak akan dapat terpenuhi apabila alat-alat kesehatan yang mendukung pelayanan belum tersedia / belum sesuai standa.

Keterbatasan anggaran yang tersedia di Provinsi Nusa Tenggara Barat mengakibatkan alokasi anggaran untuk pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana RSU Provinsi NTB. Oleh karenanya peran Pemerintah Pusat sangat kami butuhkan dalam mendukung ketersediaan anggaran demi tersedianya alat kesehatan dan Penunjang medis  untuk mendukung pelayanan di RSU Prov. NTB

 

  1. Batasan Kegiatan
  • Kegiatan pengadaan Alat-Alat Kesehatan Rumah Sakit Umum Provinsi NTB dilaksanakan pada tahun 2014 dan berakhir pada tanggal 31 Desember 2014.

 

  1. Indikator Keluaran
  • Terpenuhinya Fasilitas Sarana dan Prasarana Rumah Sakit

 

  1. Keluaran/Output
  • Bertambahnya alat-alat Kesehatan Rumah Sakit

 

  1. Alasan Dilaksanakan Kegiatan
  1. Maksud Kegiatan
  • Sebagai bahan advokasi bagi pemegang kebijakan di Tingkat Pemerintah Pusat agar dapat lebih memahami situasi dan kondisi serta prioritas pembangunan sarana dan prasarana bidang kesehatan.
  • Sebagai bahan informasi bagi masyarakat bahwa Pemerintah Provinsi NTB selalu berupaya mengadvokasi Pemerintah Pusat dalam mendukung peningkaatan dan pengembangan kualitas pelayanan kesehatan di Provinsi NTB khususnya di RSU Provinsi NTB.

 

  1. Tujuan Kegiatan

Adapun tujuan yang diharapkan adalah :

Tujuan Umum :

  • Meningkatnya kualitas pelayanan kesehatan rujukan, pelayanan kesehatan bagi masyarakat khususnya pengguna Jamkesmas dan peningkatan kualitas pelayanan persalinan, serta peningkatan kualitas pendidikan kedokteran di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Tujuan Khusus :

  • Tersedianya alat kesehatan penunjang peningkatan kualitas pelayanan kesehatan pada RSU Provinsi Nusa Tenggara Barat.
  • Tersedianya alat kedokteran umum dan penunjang medis untuk pasien rawat darurat, rawat inap kelas III, dan pelayanan persalinan pada RSU Provinsi Nusa Tenggara Barat sesuai dengan standar pelayanan pada RSU Provinsi Nusa Tenggara Barat

 

  1. Cara Pelaksanaan Kegiatan
  1. Metode Pelaksanaan

Kegiatan pengadaan Alat-Alat Kesehatan Rumah Sakit Umum provinsi NTB dilaksanakan dengan sistem lelang melalui unit pengadaan barang dan jasa.

 

  1. Tahapan Kegiatan

Kegiatan Pengadaan Alat-Alat Kesehatan Rumah Sakit Umum Provinsi NTB dilaksanakan dengan tahapan-tahapan sbb :

–    Rencana Lelang

–    Rencana Kontrak dengan Penyedia Barang dan Jasa

–    Rencana Pelaksanaan Kegiatan

 

  1. Tempat Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Provinsi Nusa Tenggara Barat Jalan Pejanggik No. 6 Mataram NTB

 

  1. Pelaksanaan dan Penanggungjawab Kegiatan
  1. Penerima Manfaat

Kegiatan Pengadaan Alat-Alat Kesehatan Rumah Sakit Umum Provinsi NTB dilaksanakan dengan upaya memberikan pelayanan fasilitas kesehatan yang memadai kepada masyarakat Nusa Tenggara Barat.

 

 

  1. Pelaksana Kegiatan

Yaitu pejabat pembuat Komitmen (PPK) atau pejabat yang ditunjuk berdasarkan surat keputusan Direktur Rumah Sakit Umum Provinsi NTB.

 

  1. Penanggungjawab Kegiatan

Yaitu Direktur Rumah Sakit Umum Provinsi NTB selaku Kuasa pengguna Anggaran (KPA).

 

  1. Jadwal Kegiatan
  1. Waktu Pelaksanaan Kegiatan

Pengadaan Alat-alat Kesehatan/kedokteran Rumah Sakit Umum Provinsi NTB dilaksanakan berdasarkan hasil pengumuman lelang pemenang tender dari Unit pengadaan barang dan Jasa.

 

  1. Matriks Pelaksanaan Kegiatan

Matriks kegiatan pelaksanaan dibuat berdasarkan hasil pengumuman lelang pemenang tender dari Unit pengadaan barang dan Jasa.

 

  1. Biaya

Adapun anggaran yang dibutuhkan untuk pelaksanaan kegiatan tersebut sebesar Rp. 58.667.899.000 (Lima Puluh Delapan Milyar Enam Ratus Enam Puluh Tujuh Juta Delapan Ratus Sembilan Puluh Sembilan Ribu Rupiah), rincian RAB terlampir.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Penutup

Demikian usulan ini dibuat dan sangat kami harapkan bantuan demi Terealisasinya Alokasi Anggaran Dana Dekonsenterasi Tugas Pembantuan (TP) Tahun Anggaran 2014 dari Pemerintah Pusat untuk mendukung Tersedianya Alat Kesehatan dimaksud. Terima kasih

 

 

Direktur Rumah Sakit Umum Provinsi

Nusa Tenggara Barat

  1. H. Mawardi Hamry, MPPM             

Pembina Tk. I

NIP. 196111061996031002