Pemasangan Pacemaker Berhasil di RSU Provinsi NTB pada Tanggal 7 September 2014
Oleh Humas RSU Provinsi NTB

 

IMG_20140907_111254 pasien picemakerIMG_20140907_122342

 

Pada Tanggal 7 September 2014 Rumah Sakit Umum Provinsi NTB berhasil melakukan kegiatan operasi pemasangan pacemaker. Keberhasilan ini berkat kerjasama tim yang baik. Disamping dukungan penuh dari Direktur RSU Provinsi NTB “dr. H. Mawardi Hamry, MPPM.

Kegiatan pemasangan pecemaker adalah salah satu kegiatan inovatif RSU Provinsi NTB sesuai dengan intruksi Gubernur Nusa Tenggara Barat yang mengamanatkan agar setiap SKPD memiliki program inovatif yang mengacu pada kinerja masing-masing SKPD . Indikator kinerja RSU Provinsi NTB salah satunya adalah meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Sementara pemasangan pacemaker seyogyanya dilakukan di Rumah Sakit Tipe A sedangkan pertimbangan RSU Provinsi untuk merujuk pasien dalam kasus ini tentunya sangatlah memberatkan masyarakat dinilai dari berbagai aspek. Kegiatan ini juga merupakan transfer knowladge bagi Tim RSU Provinsi NTB dengan mendatangkan Ahli Jantung dari RS dr. Soetomo – Surabaya.

Pacemaker adalah alat pemacu detak jantung untuk mengatasi ketidak sinkronisasian ritme jantung. Pacemaker adalah sebuah perangkat bertenaga baterai untuk menstabilkan detak jantung dengan cara memberi impuls listrik berkekuatan ringan. Pemasangan pacemaker dilakukan pada penderita penyakit Jantung dengan kelainan sinkronisasi ritme jantung. Pasien yang beruntung memperoleh kesemptan mendapat pelayanan ini merupakan pasien BPJS Non PBI (Askes) dengan jenis kelamin perempuan berusia 50 tahun. Operasi berlangsung ± 2 Jam dan pasien dalam kondisi stabil baik sebelum,selama dan setelah kegiatan operasi

Operasi pemasangan dilaksanakan oleh Tim RSU Provinsi NTB yang terdiri dari Tim pelaksana yang melibatkan dokter spesialis Jantung, anastesi dan radiologi serta didampingi oleh Tim Manajemen, Bidang Pelayanan dan Humas. Pelaksanaan operasi juga melibatkan Ahli Jantung dari RS dr. Soetomo Surabaya yang merupakan implementasi kerjasama antara RSU Provinsi NTB dan RSU dr. Soetomo Surabaya.
Diharapkan juga kegiatan ini mampu meningkatkan kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan oleh RSU Provinsi NTB sesuai amanah RPJMD dalam rangka meningkatkan usia harapan hidup masyarakat NTB.