Kegiatan Uji Etik Penelitian Dilaksanakan Dalam Zoom Meeting

Hello Healthy People dan Civitas Hospitalia! 👋

Dalam mendukung visi misi Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat sebagai Rumah Sakit rujukan yang unggul di bidang pelayanan, pendidikan, dan penelitian, maka di setiap kegiatan penelitian yang akan dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat sebelumnya harus melalui uji etik penelitian.

Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat telah memiliki Komisi Etik penelitian yang terbentuk dengan SK Direktur No. 800/131/RSUDP/2018 dengan Ketuanya dr. Salim. S. Thalib, Sp.P. Tujuan uji etik sendiri adalah menciptakan iklim penelitian yang lebih baik, nyaman dan aman sesuai struktur, proses dan hasil berdasarkan standar profesi dan hak peneliti sehingga dapat memberikan jaminan kepuasan dan perlindungan kepada peneliti dan subyek penelitian.

Pada Era Pandemi COVID -19, uji etik yang sebelumnya harus menghadirkan calon peneliti untuk mempresentasikan protokol penelitiannya, namun sekarang dilakukan melalui Media Zoom Meeting. Kegiatan Zoom Meeting uji etik tersebut sudah dilakukan sebanyak 4 (empat) kali selama Pandemi COVID-19.