Instalasi Gawat Darurat : Besar dan Megah Menjawab Tantangan dan Kebutuhan

Hello Healthy People dan Civitas Hospitalia! 👋
Upaya akselerasi pengembangan pelayanan kegawat daruratan di berbagai level dan segmen care taker dibawah kendali Direktur RSUD Provinsi NTB, dr. H. Lalu Herman Mahaputra, M.Kes. M.H. beserta Manajemen dan Jajaran Instalasi Gawat Darurat telah mulai melakukan persiapan-persiapan.
Dari diskusi-diskusi yang digelar tentang konsep Emergency Services sesuai standar nasional. Dihajatkan untuk melayani kebutuhan masyarakat NTB. Dan selaras dengan berbagai program strategis Gubernur dan Wagub NTB Mewujudkan NTB Gemilang.
IGD adalah Etalase Rumah Sakit. IGD adalah miniatur, representasi sebuah rumah sakit. Berada paling depan, dapat dilihat langsung dari beberapa sudut dengan jelas dan pasti.
Rancangan bangunan Gedung IGD yang besar Dan megah merupakan signal kesiapsiagaan serta citra responsif profesional dalam memberikan pelayanan kegawatdaruratan kepada masyarakat.
IGD dikemas mudah di akses baik jalur masuk dan keluar, aman, tidak berkelok, minim hambatan.
IGD dilengkapi semua fasilitas, sarana, peralatan pemeriksaan penunjang seperti Laboratorium, Radiologi berada dalam gedung IGD yang tidak berjauhan.
Dilengkapi pula unit unit seperti OK, HCU/ICU, VK, HD, Bank Darah, Apotek dan unit lain yang berkaitan erat dengan pelayanan kedaruratan. Semua berada dalam satu area IGD yang dekat, mudah dijangkau.
IGD memiliki fasilitas unit Ambulance Emergency yang standard. Demikian pula SDM nya yaitu Tim Emergency Services yang terlatih dan siap sedia melayani 24 jam per hari (dokter, perawat, bidan, driver), baik penjemputan, pengantaran, rujukan, pengawalan, dan sekaligus siap di terjunkan saat itu juga ketika menghadapi baik bencana alam maupun non alam.
IGD menyediakan tim khusus guna kegiatan pengawalan semua acara Perhelatan Kenegaraan, Kongres, Munas, dan acara olah raga yang bersifat Nasional, Regional, dan International. Pengawalan Tamu Negara dan Tamu Kehormatan dalam Negeri; Presiden, Wapres dari Manca Negara.
IGD juga menyediakan Tim Home Care dan Home Visit Professional yang siap setiap saat melayani semua jenis kebutuhan pelayanan/perawatan masyarakat/geriatri, kebidanan, bedah, non bedah, fisiotherafi, gizi, serta konsultasi kesehatan dan lain-lain dengan melibatkan para profesi pelayanan pemberi asuhan (PPA).
IGD dengan Personilnya memiliki uniform/seragam emergency yang spesial, atribut dan kebutuhan dan identitas IGD RSUD Prov NTB Gemilang.
Top Fasilitas IGD setelah itu adalah PCC (Province Command Center). PCC ini menjadi mutlak dimiliki IGD RSUD Prov. NTB, mengingat semua Rumah Sakit Kab/Kota, Puskesmas, Klinik
Mandiri/Swasta di masing- masing daerah yang sudah terbentuk dan sudah melaksanakan fungsi fungsi PSC 119. Melakukan kontak kominikasi intes, early dan continue dari dan ke IGD RSUD Prov NTB.
Patut dipertimbangkan tentunya untuk ketersediaan beberapa kebutuhan pelayanan kedarurtan sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat.
Semua itu dihajatkan, kehadiran IGD NTB Gemilang menjawab kebutuhan dan tuntutan masyatakat NTB dan wisatawan domistik dan Internasional. Pelayanan yang diberikan memastikan garansi kualitas, kuantitas, respon time dan zero complain, sesuai dengan standard. Pada akhirnya masyarakat dan customer merasa puas dengan pelayanan di berikan di IGD RSUD Provinsi NTB.
Demikian nawaitu ‘The New Era’ Direktur RSUD Provinsi NTB, dr. H.Lalu Herman Mahaputra, M.Kes. M.H., yang akrab kami
sapa “dr. Jack”.
SALAM GEMILANG.