Layanan Perdana Radioterapi RSUD Provinsi NTB, Melayani Dua Pasien Kanker

Rabu, 6 Januari 2019

Alhamdulillah apa yang diharapkan oleh Masyarakat NTB untuk memiliki fasilitas lengkap dalam penanganan kanker sudah terwujud. Instalasi Radioterapi RSUD Provinsi NTB yang telah diresmikan akhir Tahun 2018 lalu, hari ini (6/2) telah melakukan pelayanan perdana kepada 2 (dua) orang pasien kanker.

Pelayanan Instalasi Radioterapi di RSUD Provinsi  NTB menggunakan  teknik radioterapi terkini dengan metode 3D CRT FiF (3 dimension conformal radiotherapy field in field) dilakukan  pada pasien umum (non-BPJS)  dengan  kasus kanker paru dan kanker payudara berjalan dengan lancar.

Alat radioterapi yang digunakan adalah alat radiasi Linear accelerator VARIAN CLINAC CX buatan  USA dan penunjang CT Simulator serta alat  treatment planning System dengan menggunakan software Eclipse V.13 terbaru memungkinkan untuk melayani hampir semua kasus kanker terutama solid tumor. Alat ini hanya dimiliki beberapa rumah sakit di Indonesia. 

Dari data 3 tahun terakhir pasien terbanyak golongan kanker payudara dan kanker serviks serta kanker nasofaring. Dengan adanya pelayanan radioterapi dengan teknik tersebut, dapat meminimalisir efek samping terkenanya radiasi pada jaringan sehat dan teknik tersebut lebih presisi, aman,  dan akurat. Hal ini seperti disampaikan oleh dr. Suherman Hadi Saputro, Sp.Onk.Rad.

Sedangkan mekanisme kerja radioterapi adalah membunuh sel kanker langsung pada bagian inti sel kanker terutama memotong rantai DNA sel kanker sehingga diharapkan sel kanker tereradikasi dengan sempurna mati total. Tentunya terapi radioterapi ini dibantu dan melengkapi penanganan kanker dengan metode yang lainnya yaitu operasi pengangkatan sel kanker dan kemoterapi. Dengan adanya fasilitas pelayanan radioterapi ini maka penanganan terpadu penanganan kanker di NTB dapat terwujud sehingga khususnya masyarakat NTB atau wilayah Indonesia bagian timur tidak perlu bersusah payah untuk mencari pelayanan radioterapi diluar daerah atau luar negeri seperti ke Jakarta, Surabaya, atau Singapura karena disamping ketersediaan alat radiasi, Instalasi Radioterapi juga  didukung oleh tenaga profesional dan berpengalaman, yang terdiri dari: dokter spesialis onkologi radiasi, fisika medis, radioterapist, perawat onkologi, teknisi elektromedik, dan administrator serta petugas kebersihan yang berkompeten sehingga dan kenyamanan selalu terjaga.

Dengan adanya pelayanan radioterapi diharapkan pelayanan terhadap penyakit keganasan atau kanker bisa diterapi secara komprehensif  dan paripurna dengan menggunakan teknologi terkini.

Narasumber :

Dr. Suherman Hadi Saputro, Sp. Onk. Rad. & Tim Radioterapi RSUD Provinsi NTB

Kontak 081317342805

2 thoughts on “Layanan Perdana Radioterapi RSUD Provinsi NTB, Melayani Dua Pasien Kanker”

Leave a Reply