Peserta Senam Massal Jantung Sehat Penuhi Lapangan Sangkareang Mataram, 9 November 2014

DSC_0014DSC_0055DSC_0051DSC_0083

 

Mataram (9 November 2014). Pelaksanaan Senam Jantung Sehat Tanggal 9 November 2014 merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 50 Tahun 2014. Karena momennya berdekatan, maka senam massal Jantung sehat ini diintegrasikan dengan Ulang Tahun Provinsi NTB ke-56, HUT KORPRI ke 43 dan HUT Yayasan Jantung Indonesia ke 33.

Pelaksanaan Senam Jantung Sehat yang dilaksanakan di NTB ini merupakan bagian dari kegiatan yang sama di seluruh Indonesia, dan dipusatkan di silang Monas Jakarta dengan jumlah peserta 5000 orang. sedangkan untuk di NTB ditargetkan minimal 1500 orang. Rangkaian kegiatan secara nasional ini akan dicatat sebagai Rekor  MURI, senam dengan peserta terbanyak.

Peringatan HKN Tahun 2014 ini merupakan peringatan emas HKN ke-50, hal ini menunjukkan teleah setengah abad perjalanan pembangunan kesehatan Bangsa Indonesia dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan amsyarakat Indonesia. “Sehat Bangsaku Sehat Negeriku” sebagai Tema HKN ke-50 Tahun 2014 bertujuan untuk meningkatkan keasadaran masyarakat bahwa menjaga diri tetap sehat adalah jauh lebih baik daripada mencari pengobat saat keadaan penyakit sudah berkembang, selanjutnya diharapkan dapat membangkitkan komitmen masyarakat Indonesia agar mengedepankan semangat preventif, promotif dalam mewujudkan bangsa yang sehat.

Hidup sehat adalah pilihan, tetapi pelaksanaannya sangat dipengaruhi oleh keluarga, pengaruh sosial, dan lingkungan. Aktifitas fisik seperti senam jantung sehat ini merupakan salah satu perilaku atau pola hidup sehat, yang juga merupakan preventif terhadap berkembangnya penyakit degeneratif dan penyakit tidak menular tersebut.

Pelaksanaan senam massal di Lapangan Sangkareang – Mataram ini, dipenuhi oleh peserta dari berbagai lapisan dan golongan.  Hadir Pula Wakil Gubernur NTB ” Drs H. Muh. Amin”, Sekretaris Daerah Provinsi NTB sekaligus sebagai  Ketua YJI Cabang Utama NTB ” H. Muhammad Nur SH, MH” beserta beberapa Kepala SKPD Provinsi NTB dan  Pejabat Pemerintah Kota Mataram.  Menurut pengamatan Ketua Panitia Senam Massal  Jantung Sehat Tahun 2014 dr. H. Ahmadi Jaya, Sp.PD, sepertinya target 1500 peserta dapat terlampaui.  Dalam kesempatan ini pula dr. H. Ahmadi Jaya, Sp.PD mengucapkan terima aksih kepada Pemerintah Daerah Provinsi NTB dan Kota Mataram beserta jajaran SKPD-nya, BPJS Kesehatan, Mustika Ratu, Yayasan Putri Indonesia dan PT. Kalbe serta Yayasan Jantung Indonesia Cabang Utama NTB atas partisipasi dan kerja kerasnya dalam mensukseskan senam massal Jantung Sehat 2014.  Selamat datang juga kepada PUTRI INDONESIA Runner up III “Zabila Soeprapto” yang hadir dan senam bersama di Lapangan Sangkareang. Sekaligus menyuarakan program Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di NTB. Jantung…SEHAT !