RSUD PROVINSI NTB GELAR SEMINAR/ PELATIHAN SERVICE EXCELLENT BAGI PEGAWAI RSUD PROVINSI NTB BERSAMA PUTRI INDONESIA 2014 22 AGUSTUS 2015

 

IMG_1059IMG_0932

 

(Mataram,22 Agustus 2015)

 

 Rumah Sakit yang baik tentunya memperhatikan  kepuasan pasien/ pelanggan  dalam memberikan pelayanan kesehatan di rumah sakit. Kepuasan akan datang jika pelayanan yang diberikan terpenuhi bahkan melebihi harapan mereka. Dalam hal ini pasien/ pelanggan  dan tentunya keluarganya menjadi orang yang terpenting  bagi manajemen rumah sakit. Jika manajemen rumah sakit sudah memahami persepsi ini maka seluruh jajaran di rumah sakit akan memberi pelayanan yang sebaik baiknya untuk mempertahankan image yang positif bagi rumah sakit tersebut.

Dalam memberikan layanan tentunya diberikan dengan tulus  sepenuh hati dan santun. Petugas layanan tentunya diharapkan  mampu memilah dan menyesuaikan diri terhadap lingkungan kerja  dan di rumah sakit.  Dalam rangka menuju akreditasi rumah sakit, tentunya manajemen rumah sakit juga diharapkan mampu meningkatkan pelayanan agar sesuai dengan standar yang telah ditentukan.

Dalam rangka meningkatkan dan memberikan pelayanan terbaik kepada pasien dan keluarganya, manejemen RSUD Provinsi NTB  menggelar pelatihan Service Excellence bagi pegawai  bekerjasama dengan  Yayasan Putri Indonesia.

Direktur RSUD Provinsi NTB “dr. H. Mawardi Hamry, MPPM” dalam sambutannya  menjelaskan bahwa tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)  yang handal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, baik dalam layanan medis maupun dalam layanan administrasi. Pegawai agar bisa bekerja secara  professional, sepenuh hati, tulus  dan santun  “ ujarnya. Diharapkan  dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan mutu SDM, sehingga SDM rumah sakit bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan service excellence. “dengan adanya pelatihan ini saya berharap pelayanan kepada masyarakat dapat ditingkatkan, dengan pelayanan prima, karena pasien adalah orang yang menentukan keberhasilan rumah sakit, maka kita harus bisa melayani pasien dengan baik, tentu saja setulus hati dan santun serta  sebagai persiapan menempati gedung baru RSUD Provinsi NTB di Dasan Cermen yang jauh lebih besar kapasitas dan dengan sarana dan prasarana yang lebih lengkap dan canggih  “ Ujar dr. Mawardi Hamry, MPPM”.

Sementara itu Ketua TIM Pemateri, Titin Hartini . mengatakan bahwa pelatihan service excellence ini sangat penting karena  petugas dalam  memberikan pelayanan dilakukan dengan sikap tubuh dan  cara berkomunikasi yang baik kepada pasien dan keluarga, serta memiliki kepribadian mempesona yang sehat dan cantik. Disamping itu dalam kegiatan ini diberikan kiat-kiat perawatan kulit wajah dan tubuh secara paripurna dengan baik dan benar sesuai dengan lingkungan kerja di rumah sakit.

Sebagai Narasumber juga dihadirkan Putri Lingkungan Indonesia Tahun 2014 “Elfin Pertiwi Rapa”, yang menyampaikan kiat-kiat dalam memberi salam, menegur dan berkomunikasi kepada pelanggan/ pasien dan keluarga serta cara berpenampilan yang menarik. Elfin juga menyampaikan pengalaman yang pernah dialami dalam menerima pelayanan di rumah sakit.  “Pasien adalah aset penting dalam membangun rumah sakit, bagaimana rumah sakit memikat hati mereka? Tentunya dengan service excellence yang diberikan kepada mereka. Service excellence merupakan pelayanan prima kepada pasien sehingga setiap pasien akan mendapatkan pelayanan terbaik sesuai apa yang dibutuhkan” Ujarnya.

Pelatihan/ seminar  dilaksanakan selama 1 hari pada tanggal 22 Agustus lalu, bertempat di Ruang Lantai IV Gedung Diagnostic Centre RSUD Provinsi NTB di Dasan Cermen. Kegiatan ini diikuti oleh 300 peserta yang berasal dari  Manajemen, Komite Medik, Tenaga Medis,   Tenaga Fungsional lainnya, administrasi dan staf lainnya.  Adapun  materi  yang disampaikan  pada pelatihan ini antara lain,groming and personality, pelayanan prima petugas kesehatan dan pelayanan prima dari aspek etika dan penampilan.

(Humas)