Puncak Acara Peringatan Hari Kesehatan Sedunia Tahun 2018 di RSUD Provinsi NTB

Mataram, 14 April 2018.

Puncak acara peringatan hari kesehatan Sedunia Tahun 2018 di RSUD Provinsi NTB.

Libur panjang diisi dengan kegiatan senam massal, penyuluhan, pemeriksaan dan konsultasi kesehatan, merupakan rangkaian peringatan hari kesehatan Sedunia.

Pencegahan dan bagaimana hidup sehat bersama diabetes menjadi topik dalam kegiatan kali ini.

Direktur RSUD Provinsi NTB “dr H. Lalu Hamzi Fikri, MM” dalam sambutannya mengajak kita semua untuk selalu berprilaku hidup sehat, sesuai tema setiap peringatan hari kesehatan Sedunia universal health coverage diingatkan kesehatan untuk semua. Jaminan kesehatan harus melibatkan semua pihak dan menyentuh semua kelompok usia. Diharapkan event event seperti ini seringkali dilakukan sebagai kegiatan edukasi menuju gerakan masyarakat sehat . RSUD Provinsi NTB siap menjadi tuan rumah .

Sementara pembina yayasan jantung sehat Indonesia cabang utama NTB “Bapak Muhammad Nur, SH, MH.” senang keterlibatan yayasan jantung dalam penyelenggaraan event kali ini. Sebagai langkah promosi bagaimana hidup sehat dan tidak sampai terkena penyakit Diabetes dan sejenisnya. Semoga keberadaan klub klub jantung sehat yang semakin menjamur bisa membantu dan menjawab tantangan tersebut.

Pencerahan juga disampaikan oleh salah satu pakar penyakit dalam RSUD Provinsi NTB ” dr I Gede Palgunadi,Sp.PD, FINASIM.” terkait penyakit deabetes yang sudah menjadi salah satu penyakit tertinggi di dunia yang diderita saat ini. Disampaikan pula tips hidup sehat.

Selain itu tampil pula dr. Oxy Tjahjo Wahjuni, Sp. Em , yang merupakan spesialis emergency RSUD Provinsi NTB dengan materi kesehatan dan keselamatan kerja. Tips bekerja dengan lingkungan aman dan sehat bagi pekerja.

Peserta juga disuguhi beberapa hiburan dan penarikan undian doorprize dengan hadiah utama 2 unit sepeda gunung dan spring bed. Arena acara semakin meriah karena kehadiran beberapa booth sponsor.

Terimakasih atas dukungan Dinas Kesehatan Provinsi NTB yang juga mengahdirkan pelayanan POSBINDU nya.
Pos Binaan Terpadu (POSBINDU) adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko PTM terintegrasi (Penyakit jantung dan pembuluh darah, diabetes, penyakit paru obstruktif akut dan kanker) serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu.
Posbindu Adalah bentuk peran serta masyarakat (kelompok Masyarakat, Organisasi, Industri, Kampus dll). Upaya Promotif dan preventif untuk mendeteksi dan pengendalian dini keberadaan faktor resiko Penyakit Tidak Menular (PTM) secara terpadu.

Terimakasih dan apresiasi juga disampaikan kepada penyelenggara dan seluruh sponsor ship yang mendukung kegiatan ini.

#rsudprovinsintb
#melayanidengantulusdansantun
#universalhealthcoverage

Leave a Reply