Radiologi RSUD NTB Serahkan Kurban untuk Korban Gempa

Mataram, 18 Agustus 2018.

Instalasi Radiologi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyerahkan hewan kurban, sembako dan menyalurkan bantuan logistik dari Paviliun Cendrawasih RSUP dr Sardjito Yogyakarta kepada korban terdampak gempa Lombok di Dusun Kekait I, Desa Kekait, Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat. Gunungsari merupakan salah satu kecamatan terparah terkena dampak kerusakan akibat gempa berturut-turut mengguncang Pulau Lombok pada 29 Juli (magnitudo 6,4 Skala Richter), 5 Agustus (7 SR) dan 9 Agustus (6,2 R).
Hewan kurban yang diserahkan berupa lima ekor kambing dari para shohibul qurban serta sembako, sedangkan bantuan logistik dari Paviliun Cendrawasih RSUP dr Sardjito Yogyakarta (pimpinan dr. Wigati Dhamiyati, SpRad (K) Onk) berupa makanan bayi dan anak-anak, kebutuhan wanita, bahan dapur, kebutuhan mandi dan barang sembako lainnya.
Kepala Instalasi Radiologi RSUD Provinsi NTB, dr. Dewi Anjarwati, MKes, SpRad menyerahkan hewan kurban dan bantuan logistik tersebut kepada Bapak Zulkifli Abdi tokoh masyarakat setempat pada hari Jumat (17 Agustus), disaksikan sejumlah dokter radiologi, radiografer dan staf radiologi RSUD NTB lainnya. Jumlah pengungsi terdampak gempa di Dusun Kekait I sekitar 500 jiwa, mereka mendirikan tenda-tenda pengungsian seadanya di sebuah kebun di lereng bukit yang berdekatan dengan bangunan rumah-rumah mereka yang hancur.
Seusai menyerahkan hewan kurban dan bantuan di Dusun Kekait I, dr. Dewi mengajak para korban terdampak gempa untuk tabah dan ikhlas dengan musibah yang dihadapi, selalu menjaga kesehatan selama di pengungsian, serta secara perlahan bangkit menjalani kehidupan sehari-hari seperti biasa. “Menyambut Idul Adha 10 Dzulhijjah 1439 H, semoga kita semua semakin baik dalam mendekatkan diri dan berserah diri pada Allah SWT,” katanya.
Sebelumnya, beberapa hari setelah gempa mengguncang Pulau Lombok dengan magnitudo 7 SR pada 5 Agustus, Perhimpunan Dokter Spesialis Radiologi Indonesia (PDSRI) Cabang NTB hari Minggu tanggal 12 Agustus juga telah menyerahkan bantuan kepada posko peduli bencana gempa bumi Lombok. Bantuan ini diserahkan oleh pengurus dan anggota PDSRI NTB itu berupa selimut, terpal, tikar, sarung, sajadah, mukena dan sembako.
“Bantuan dari PDSRI NTB ini akan diberikan secara bertahap dan berkelanjutan karena dampak gempa terhadap pengungsi diperkirakan masih akan dirasakan cukup lama. “Pengungsi tetap membutuhkan bantuan semua pihak, karena butuh waktu untuk kembali ke kehidupan seperti biasa,” kata dr. Triana Dyah Cahyawati, SpRad, MSc, pengurus PDSRI NTB didampingi dr. Fransisca Ika, SpRad dan dr. Novia Andansari, SpRad.
Instalasi Radiologi RSUD NTB dalam penyaluran bantuan untuk korban gempa Lombok ini menyampaikan apresiasinya kepada Dr. Wigati Dhamiyati, SpRad (K) Onk dan Dr. dr. Lina Choridah, SpRad (K) dari RSUP Dr Sardjito Yogyakarta serta dr. Lila Indrati, SpRad dari RSUP Dr. M. Djamil Padang. ***

Leave a Reply