Kunjungan Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Bersama Rombongan ke RSUD Provinsi NTB

Mataram, 24 Agustus 2018.

Tepat pukul 07.45 WITA hari ini (24/08), Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, dr. Bambang Wibowo,Sp.OG(K),MARS bersama rombongan kementerian kesehatan tiba di RSUD Provinsi NTB.

Kunjungan Dirjen Yankes ke RSUD Provinsi NTB ini merupakan rangkaian kunjungan kerja Kementerian Kesehatan RI kesekian kalinya ke Lombok untuk melihat perkembangan penanganan korban gempa.

Dirjend Yankes yang didampingi oleh PLT Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB diterima oleh Direktur RSUD Provinsi NTB, dr H. Lalu Hamzi Fikri, MM yang didampingi Jajaran Direksi dan Manajemen di Gedung Mainhall.

Pada kesempatan pertama tersebut, Dirjen Yankes dapat melihat langsung pelayanan rawat jalan / Poliklinik yang tetap berjalan sesuai standar pelayanan rawat jalan. Hal ini dikarenakan gedung RSUD Provinsi NTB tidak mengalami kerusakan dan Instalasi rawat jalan sebagian besar berada di lantai 1 sehingga petugas dan pasien tidak berdampak dan dapat tetap menerima pelayanan dengan nyaman.

Selanjutnya rombongan bergerak menuju Instalasi Gawat Darurat (IGD), untuk melihat dan menilai penanganan pasien dari triage sampai pada penempatan pasien sesuai kriteria penanganan di IGD. Pada kesempatan ini, Direktur RSUD Provinsi NTB menjelaskan rencana pemindahan penanganan pasien ICU di lantai 1 IGD untuk mengurangi resiko yang ada.

Setelah beberapa saat berada di ruang IGD, Dirjen Yankes dan rombongan selanjutnya meninjau tenda perawatan pasien, disini kembali Direktur RSUD Provinsi NTB menjelaskan beberapa langkah yang telah ditempuh agar penanganan pasien tetap bisa menjaga aspek keselamatan pasien yang berada di tenda.

Disadari bahwa kejadian gempa yang dialami di Lombok berbeda jauh dari pengalaman yang ada selama ini termasuk yang di Jogjakarta sehingga penanganan kedaruratan pada pasien di RSUD Provinsi NTB menjadi pelajaran yang baru. Dirjen Yankes mengingatkan beberapa aspek standar akreditasi dalam kondisi darurat atau bencana.

Momen kebahagiaan terjadi saat berada di tenda perawatan , Bapak Dirjen bertemu dengan teman seangkatan yang juga merupakan salah satu spesialis Obsgyn yang dimiliki RSUD Provinsi NTB yaitu dr Edi Prasetyo Wibowo, Sp.OG. Sekilas terjadi reuni kecil kecilan.

Setelah melakukan diskusi dengan jajaran Direksi serta dr Rudi Febryanto,Sp.OT dan dr Edi Prasetyo, Sp.OG di tenda perawatan beberapa saat, rombongan selanjutnya diajak untuk melihat kontainer ruang operasi lapangan yang ada. Terlihat beberapa anggota rombongan kagum dan baru pertama kali melihat adanya ruang operasi lapangan tersebut.

Terakhir sebelum meninggalkan areal rumah sakit, Dirjen Yankes memberikan apresiasi dan motivasi kepada Direksi dan jajaran di RSUD Provinsi NTB dalam penanganan korban bencana ini. Semoga kejadian ini cepat berakhir.

#lomboktangguh
#lomboksemangat
#lombokkuat
#lombokbangkit

Leave a Reply