Penandatanganan Kerjasama Pelayanan Radioterapi Bagi Pasien JKN di RSUD Provinsi NTB

Mataram, 19 Agustus 2019

#Selamat dan Sukses atas Penandatangan Kerjasama Pelayanan Radioterapi Bagi Pasien JKN di RSUD Provinsi NTB.

Pagi ini (19/08) dilakukan penandatangan kerjasama BPJS Kesehatan dengan RSUD Provinsi NTB terkait pelayanan Radioterapi bagi pasien BPJS. Acara ini dihadiri oleh Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Mataram, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Karo Humas dan Protokoler, Dinas Komunikasi, Informasi dan Statitik, Dewan Pengawas 
serta Jajaran Direksi , Komite Medik, KSM terkait dan Manajemen. Hadir pula Indonesian Diaspora Network bersama Dekan Fakultas Kedoteran Universitas Mataram.

Dalam sambutannya, Direktur dr. H. Lalu Hamzi Fikri, MM, MARS, menyatakan bahwa penantian layanan Radioterapi ini merupakan perjalanan panjang sejak tahun 2017 alat Radioterapi diadakan di RSUD Provinsi NTB yang selanjutnya melakukan pemenuhan ijin dan persyaratan untuk dapat melayani. Sementara pembangunan Sarana sudah dimulai dari perencanaan bangunan bunker tahun 2014 sampai pembangunan di Tahun 2015 dan 2016 dengan pembiayaan sepenuhnya dari APBD Provinsi NTB.

Pada akhir Tahun 2018, RSUD Provinsi NTB sudah siap melayani dengan bantuan Bapak Gubernur NTB DR. Zulkieflimansyah, dilakukan percepatan perijinan pelayanan radioterapi. Insyaallah Tahun 2019 akan dilakukan penambahan modalitas baru untuk melengkapi layanan radioterapi.

Alhamdulillah tanggal baik hari ini pelayanan Pasien JKN bisa dilayani berkat bantuan dan dukungan semua pihak terkait. Mengingat jumlah kasus kanker cukup tinggi baik Cancer Cervix maupun breast cancer . Disamping itu Layanan radioterapi ini juga sebagai salah satu layanan unggulan di RSUD Provinsi NTB yang juga sudah masuk dalam katalog wisata medis Kementerian Kesehatan RI.

Sementara Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Mataram dr Muhamad Ali memberikan apresiasi positif kepada Pemerintah Provinsi NTB, RSUD Provinsi NTB dan Dinas Kesehatan Provinsi NTB atas kerjasama selama ini dalam pelaksanaan JKN di NTB. Selain merupakan tanggal cantik, hari ini dipilih sekaligus sebagai kado ulang tahun Kemerdekaan RI khususnya bagi Warga NTB.
Harapan dr Muhamad Ali, Semoga layanan radioterapi sudah dimulai ini akan membantu aksesbilitas pelayanan Kesehatan di NTB. Di akhir sambutannya Kepala BPJS Kesehatan mengucapkan Selamat dan Terima kasih atas kerjasama yang terjalin baik di RSUD Provinsi NTB semoga kehadiran radioterapi ini dapat membantu masyarakat NTB dalam penanganan kanker ke depannya.

Ucapan terima kasih yang setinggi tingginya disampaikan oleh salah satu Penderita Kanker “ Ibu Hj. M” kepada Pemerintah Provinsi NTB Khususnya RSUD Provinsi NTB yang telah menghadirkan layanan radioterapi di NTB. Terlebih hari ini, rasa bahagia juga diungkapkan atas adanya kerjasama BPJS Kesehatan dalam layanan radioterapi.

Dari pengalaman penderita kanker yang telah mengalami terapi kanker payudara ini sudah setahun terakhir yang harus bolak balik ke Surabaya. Banyak hambatan yang harus dialami oleh penderita jika harus berobat ke luar daerah. Mengingat hal tersebut, rasa syukur mendalam dirasakan oleh Ibu Hj. M dengan ditandatangani kerjasama BPJS untuk layanan radioterapi pada hari ini.

Apresiasi juga diberikan oleh A.N. Van Geel, (MD Phd, Surgical-Oncologist) Jerman dari Indonesian Diaspora Network atas hadirnya layanan radioterapi untuk mebantu penanganan kanker di NTB khususnya dan Indonesia bagian Timur pada umumnya. Pada Kesemapatan tersebut, Van Geel menyerahkan cinderamata kepada Direktur dr. H. Lalu Hamzi Fikri, MM, MARS sebagai ungkapan syukur dan apresiasi atas keseriusan rumah sakit dalam penanganan kanker.. Di akhir sesi dilakukan pendandatanagan kerjasama RSUD Porvinsi NTB dan BPJS Kesehatan terkait Pelayanan Radioterapi bagi Pasien JKN.

#rsudpntbmelayanidengantulusdansantun
#rsudpntbbersihdanmelayani
#rsudpntbsehatdancerdas
#rsudpntbakreditasiparipurnadaninternasional
#ntbgemilang