Bidang Diklat dan K3RS Team Gelar Pelatihan K3RS bagi Civitas Hospitalia

Mataram, 20 Agustus 2019

Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh, 
Salam sejahtera, Sahabat RSUDP NTB.

Rumah Sakit sebagai fasilitas pelayanan kesehatan tetap harus mengedepankan peningkatan mutu pelayanan kepada amsyarakat dengan tanpa mengabaikan Upaya Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3RS) bagi seluruh pekerja Rumah Sakit.
Dengan meningkatnya pemanfaatan fasilitas pelayanan kesehatan oleh masyarakat makan tuntutan pengelolaan program Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Rumah Sakit (K3RS) semakin tinggi karena Sumber Daya Manussia (SDM) Rumah sakit, mendapatkan perlindungan dari gangguan kesehatan dan kecelakaan kerja, baik sebagai dampak proses kegiatan pemberian pelayanan maupun karena kondisi sarana dan prasarana yang ada di Rumah Sakit.

Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Rumah Sakit perlu mendapat perhatian serius dalam upaya melindungi kemungkinan dampak negative yang ditimbulkan oleh proses pelayanan kesehatan, maupun keberadaan sarana, prasaran, obat-obatan dan logistic lainnya yang ada di lingkungan Rumah Sakit sehingga tidak menimbulkan kecelakaan kerja, penyakit akibat kerja dan kedaruratan termasuk kebakaran dan bencana yang berdampak pada pekerja Rumah Sakit, pasien, pengunjung dan masyarakat sekitarnya.

Standar K3RS yang ditetapkan melalui Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 1087/ MENKES/ SK/VIII/2010 diharapkan dapat diterapkan di RSUD Provinsi NTB sebagai bagian dalam pengelolaan Rumah Sakit dan sebagai salah satu parameter penilaian Akreditasi Rumah Sakit yang diamanatkan oleh Undang-Undang No. 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit

Oleh karena itu, Tim K3RS bekerjasama dengan Bidang Diklat menyelenggarakan Pelatihan K3RS untuk meningkatkan pemahaman Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Rumah Sakit selama 2 (dua) hari sejak kemarin (19/08). Pelatihan ini diikuti oleh perwakilan setiap unit layanan termasuk security dan administrasi.

#K3RSyes
#rsudpntbakreditasiparipurnadaninternasional