Reagen Kit PCR Untuk Spesimen COVID-19 Telah Tiba di Litbangkes RSUD Provinsi NTB

Hello Healthy People! 👋

Unit Riset Biomedik RSUD Provinsi NTB telah memeriksa sampel swab tes kembali setelah mendapatkan bantuan 300 reagen kit PCR dari Pemerintah Pusat melalui BNPB Litbangkes yang tiba hari Kamis (30/4) lalu.

“Unit Riset Biomedik (Litbangkes) kita mendapatkan tambahan bantuan lagi sebanyak 10.000 ribu reagen kit PCR, diperkirakan sampai malam ini.” Ujar Drs. Agus Supriyanto, Apt., selaku Kabid Litbang RSUD Provinsi NTB. Lebih lanjut ia menjelaskan berita tentang kosongnya stok reagen itu tidak benar, pasalnya perangkat swab tes untuk pasien yang ‘cito’ atau ‘segera’ selalu harus tersedia sesuai dengan standar operasional prosedur rumah sakit.

Kepala Instalasi Labolatorium RSUD Provinsi NTB, dr. Laily Indrayanti, Sp. PK., menambahkan bahwa kelangkaan reagen ini jelas mempengaruhi hasil jumlah tes per harinya, tetapi kita perlu mengingat bahwa kelangkaan ini terjadi hampir di seluruh Daerah Indonesia. Hingga kemarin (1/5/20) tercatat sebanyak 1285 total spesimen swab tes yang telah diperiksa mandiri sejak 6 April 2020.

#rsudpntb
#rsudpsehatdancerdas
#rsudpntbbersihdanmelayani
#rsudpntbasridanlestari
#MelayaniDenganTulusDanSantun
#Pkrsrsudprovntb
#NTBMelawanCorona
#BersamaLawanCovid19
#ntbsehat
#ntbgemilang