Menciptakan Lingkungan Kerja yang Penuh Kekeluargaan dan Pendekatan Psikologis untuk Membantu Therapi Radioterapi

Hello Healthy People dan Civitas Hospitalia! 👋

Menciptakan Lingkungan Kerja yang Penuh Kekeluargaan dan Pendekatan Psikologis untuk Membantu Therapi Radioterapi.—- Oleh Trisno Firmansyah, S.Tr.Rad

Sebagai seorang Radioterapist (RTT) di Instalasi Radioterapi Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi NTB sejak Bulan Januari 2018, Trisno ingin berbagi pengalaman dan rasa selama ikut membantu penanganan pasien dengan therapi radioterapi.

***

Dalam hal ini kanker merupakan salah satu hal yang sudah menjadi momok menakutkan bagi sebagian masyarakat, mengapa demikian? Karena sebagian orang yang sudah di vonis kanker akan merasa hidupnya sudah tidak lama lagi dan kehilangan harapan.

Pengobatan tidak hanya mengandalkan penanganan medis dan dukungan keluarga saja, tetapi dukungan dari semua orang baik sesama pengidap maupun rohaniawan kehadiran mereka sangatlah penting.

***
Bahwa pasien yang mengalami kanker butuh dukungan lebih, karena pada dasarnya pasien kanker memiliki gejala gangguan pisokologis seperti kecemasan, depresi, dan tidak mempunyai harapan. Jika kondisi ini tidak di tangani dengan baik akan memperburuk pasien kanker itu sendiri.

Oleh karena itu khusunya di Instalasi Radioterapi RSUDP NTB menciptakan lingkungan kerja kekeluargaan (hubungan antar petugas – pasien), pendekatan dan komunikasi dijalin secara mendalam agar terciptanya rasa nyaman dan bahagia selama pasien menjalani therapi hingga dinyatakan “lulus” (sembuh, red).

***

Terima kasih Mas Trisno “yang murah senyum” atas pencerahannya di sela sela menjadi operator “robotic Linear Accelerator (LINAC) Radioterapi”.

Yuk bantu Pemerintah menjadi ‘pejuang’ dalam memutus rantai penularan virus ini dengan #tetapdirumahaja, wajib #menggunakanmasker dan rajin #mencucitangan. 🤗

#MelayaniDenganTulusDanSantun
#NTBMelawanCorona
#BersamaLawanCovid19
#rsudpntb
#rsudpsehatdancerdas
#rsudpntbbersihdanmelayani
#rsudpntbasridanlestari
#Pkrsrsudprovntb
#ntbsehatdancerdas
#ntbgemilang