PPID Harus Sajikan Informasi Berkualitas dan Mampu Menjawab Kebutuhan Masyarakat

Hello Healthy People dan Civitas Hospitalia! 👋

Mataram — Konten dan informasi yang disediakan oleh Pejabat Informasi dan Dokumentasi (PPID) Perangkat Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) harus berisi informasi yang berkualitas, komprehensif, serta berkaitan langsung dengan kebutuhan masyarakat. Sehingga dapat menjadi rujukan informasi yang shahih bagi masyarakat, termasuk edukasi dan promosi berbagai program strategis dan unggulan pemerintah daerah.

Hal tersebut dijelaskan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Pemerintah Provinsi NTB I Gede Putu Aryadi saat memberikan arahan dan sosialisasi kepada para PPID lingkup Pemerintah Provinsi NTB, Rabu (5/8) bertempat di Aula Diskominfotik NTB.

“Berikan informasi berkualitas yang berkaitan dengan program strategis dan unggulan daerah, utamakan kualitas, bukan kuantitas” himbau Ketua PPID tersebut.

Selain itu mantan Kabag Humas Protokol Pemkab Bima ini juga menjelaskan bahwa di Tahun 2019 lalu, Pemerintah Provinsi NTB berhasil meraih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik dengan kualifikasi tertinggi, yaitu Badan Publik Informatif dan saat ini sedang mengikuti Program Open Government Partnerships (OGP) bersama para NGO yang konsen pada transparansi kebijakan publik tingkat nasional dan internasional.

Sehingga merupakan kewajiban PPID Utama dan perangkat daerah untuk terus berkomitmen dan berinovasi untuk mempertahankan prestasi dan predikat badan Publik Informatif tersebut.

“Silahkan OPD berkreasi agar kita bisa mempertahankan predikat badan Publik Informatif. Isilah akun media sosial resmi perangkat daerah dan website dengan informasi yang produktif dan inovasi-inovasi baik yang dilakukan untuk memberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat” ucapnya.

Untuk itu, mantan Irbansus Inspektorat NTB tersebut berpesan agar para PPID Perangkat daerah dapat menyediakan dan melengkapi berbagai informasi wajib tidak hanya di media sosial, namun juga tersedia di laman resmi website perangkat daerah yang dapat diakses oleh publik.
“Medsos penting dan selalu di update, namun program, kegiatan, informasi harus disajikan juga di website yang bisa diakses publik. ” himbau Gede.

Hal ini penting diperhatikan lanjut Gede, sehingga semua masyarakat dapat mengambil peran dalam mewujudkan pembangunan NTB Gemilang. Karena semua data dan informasi yang dibutuhkan mudah diperoleh untuk mendukung berbagai aktivitas sosial ekonomi untuk kemajuan NTB.

Senada dengan Kadis Kominfotik, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfotik NTB Iwan Sapta Taruna, menjelaskan ikhitar PPID Utama saat ini yang dikelola Diskominfotik. “Kita sedang menata dan berkoordinasi intens dengan perangkat daerah untuk bisa menyediakan data yang komprehensif,” kata Bang Iwang sapaan akrabnya.

Menurutnya, saatnya PPID meramu data dan informasi sebelum di berikan kepada masyarakat, sehingga data yang disajikan berkualitas dan menarik sesuai kebutuhan masyarakat .
“Jadikan PPID ini rujukan utama masyarakat dalam mendapatkan informasi sekaligus ujung tombak menangkal hoaks dan disinformasi” tutup mantan Humas Universitas Muhammadiyah Jakarta ini.

Sementara itu, Aris , PPID Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi NTB menilai peran PPID sangat strategis dan penting bagi penyajian dan pelayanan informasi kepada publik. Untuk itu, ia berharap agar para PPID OPD dapat terus meningkatkan kinerjanya. “Banyak yang belum menyadari peran penting PPID, namun jangan sampai kita mengejar kuantitas, kualitas diabaikan. Kualitas informasi harus diutamakan” tegasnya. (edy@diskominfotik_ntb)

Yuk bantu Pemerintah menjadi ‘pejuang’ dalam memutus rantai penularan virus ini dengan #tetapdirumahaja, wajib #menggunakanmasker dan rajin #mencucitangan. 🤗

#MelayaniDenganTulusDanSantun
#NTBMelawanCorona
#BersamaLawanCovid19
#rsudpntb
#rsudpsehatdancerdas
#rsudpntbbersihdanmelayani
#rsudpntbasridanlestari
#Pkrsrsudprovntb
#ntbsehatdancerdas
#ntbgemilang