PPI Melakukan Simulasi Penggunaan APD di Depan Petugas Baru Penanganan COVID-19

Hello Healthy People dan Civitas Hospitalia! 👋

*****

Tim Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) memberikan materi dan simulasi penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) yang benar kepada tenaga kesehatan dan tenaga non kesehatan untuk penanganan COVID 19 di Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Dalam simulasi ini diajarkan bagaimana tata cara pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) yang benar, kemudian juga melepas yang benar

Di era pandemi COVID-19 ini, penggunaan alat pelindung diri (APD) sangatlah penting untuk menurunkan risiko penularan penyakit infeksius pada tenaga medis karena dapat menghindarkan kontak dengan patogen. Hal-hal yang perlu diketahui tenaga yang bekerja di rumah sakit terkait APD adalah jenisnya, cara melepaskan, dan bagaimana meningkatkan kepatuhan tenaga medis dalam menggunakan APD.

Pakaian pelindung, sarung tangan, masker, hoodie, respirator, kacamata pelindung (goggles), pelindung wajah, dan sepatu boots merupakan alat pelindung diri yang direkomendasikan saat menangani pasien tersangka kasus infeksi sangat menular. Pemilihan jenis alat pelindung diri sebaiknya disesuaikan dengan tipe paparan (aerosol, percikan darah atau cairan tubuh, bersentuhan dengan pasien atau jaringan tubuh), jenis prosedur atau aktivitas yang dikerjakan, serta ukuran yang sesuai dengan pengguna.

Selamat bertugas rekan rekan, disiplin dalam penggunaan APD yang tepat dan benar melindungi kita selama bertugas.

Yuk bantu Pemerintah menjadi ‘pejuang’ dalam memutus rantai penularan virus ini dengan #tetapdirumahaja, wajib #menggunakanmasker dan rajin #mencucitangan. 🤗

#MelayaniDenganTulusDanSantun
#NTBMelawanCorona
#BersamaLawanCovid19
#rsudpntb
#rsudpsehatdancerdas
#rsudpntbbersihdanmelayani
#rsudpntbasridanlestari
#Pkrsrsudprovntb
#ntbsehatdancerdas
#ntbgemilang