Wadir Pelayanan Mengingatkan Tentang Ketaatan Penerapan Protokol Kesehatan di Peringatan World Patient Safety Day

Hello Healthy People dan Civitas Hospitalia! 👋

Pagi tadi (17/09) Wakil Direktur Pelayanan, dr. Rusdhy Hamid Hariawan, Sp.OG (K), MARS mengingatkan ketaatan penerapan protokol kesehatan di Peringatan World Patient Safety Day yang jatuh pada tanggal 17 September 2020,

Perilaku ketaatan mencuci tangan, menggunakan masker dan mengikuti thermal scanner saat memasuki ruang kerja harus menjadi perhatian kita semua, Ujar Wadir Pelayanan.

Untuk Peringatan World Patient Safety Day, Wadir Pelayanan mengingatkan 6 sasaran Keselamatan Pasien.

1. KETEPATAN IDENTIFIKASI PASIEN, Hal ini untuk mengembangkan pola pendekatan agar bisa meningkatkan atau memperbaiki ketelitian dalam identifikasi pasien. Aplikasinya seperti identifikasi sebelum pemberian atau pengambilan darah, konsumsi obat dan tindakan lainnya. Salah satu pendukung poin ini adalah penggunaan gelang identitas pasien.

2. PENINGKATAN KOMUNIKASI EFEKTIF. Cara ini untuk mengembangkan pola pendekatan agar komunikasi bisa berjalan dengan efektif. Hal ini bertujuan agar komunikasi lisan terjadi dengan akurat, sehingga informasinya bisa diterapkan secara konsisten.

3. PENINGKATAN KEAMANAN OBAT ATAU HIGH ALERT YANG HARUS DIWASPADAI, Cara ini dilakukan agar memastikan obat tetap aman untuk diberikan kepada pasien. Prosedur ini berkaitan dengan proses identifikasi, pemberian label, penetapan lokasi dan penyimpanannya.

4. KEPASTIAN TERHADAP LOKASI, PROSEDUR DAN PASIEN OPERASI, Cara ini diaplikasikan agar pasien tercatat dengan valid sebelum mendapatkan tindakan operasi.

5. PENGURANGAN TERHADAP RISIKO INFEKSI SETELAH MENGGUNAKAN PELAYANAN KESEHATAN, Hal ini adalah prosedur dalam pencegahan penyakit menular dan infeksi sesuai dengan pedomannya.

6. PENGURANGAN RISIKO JATUH
Setiap tenaga medis harus memahami dan mengaplikasikan sejumlah langkah untuk memastikan pasien tidak mengalami risiko jatuh. Semua langkah akan diawasi untuk memastikan keberhasilannya. Dengan begitu segala risiko tersebut tidak akan menimpa pasien yang tengah dirawatnya.

Dalam rangka World Patient Safety Day Tahun ini, Instalasi PKRS dan K3RS menyelenggarakan Lomba Foto bertemakan 6 Sasaran Keselamatan Pasien dengan frame yang sudah disiapkan Panitia. Lomba ini khusus diperuntukkan bagi Civitas Hospitalia.