Direktur RSUD Provinsi NTB Menegaskan Percepatan Beberapa Kegiatan dan Program Rumah Sakit

Hello Healthy People dan Civitas Hospitalia! 👋

Direktur, dr . H. L. Hamzi Fikri, MM, MARS menegaskan akan adanya percepatan beberapa kegiatan dan program rumah sakit untuk mendukung dan mengejar goal yang telah ditetapkan dalam RPJMD dan Visi Misi Rumah Sakit.

Dalam 3 (tiga) bulan ke depan dilakukan percepatan dalam bentuk bagaimana rumah sakit mengikuti transformasi perkembangan IT saat ini termasuk beberapa kegiatan seperti wibinar dan kegiatan lain yang telah dilaksanakan selama Pandemi COVID-19 .

Salah satu langkah yang ditempuh adalah Billing yang selama ini menjadi bagian Jaminan Pembiayaan Kesehatan akan dialihkan menjadi bagian administrasi di Ruangan Rawat Inap. Hal ini dilakukan agar terjalin integrasi pelayanan di setiap ruangan. Serta untuk meningkatkan capaian standar pengelolaan rekam medis dimana dalam 2 x 24 jam dokumen pasien pulang sudah selesai di input datanya dan sudah kembali dokumennya ke Instalasi Rekam Medis .

Untuk menunjang transformasi IT tersebut, telah ada program baru yang disiapkan untuk membantu pengelolaan administrasi atau dokumen rekam medis secara elektronik (e-rekam medis), Hal ini dilakukan untuk meningkatkan akuntabilitas rumah sakit. Dibawah koordinasi Instalasi SIRS diharapkan sudah disiapkan SDM yang akan mengelola program e-hospital ini.

Direktur menyadari bahwa di saat transisi akan banyak tantangan, untuk itu perlu disiapkan sumber daya dengan baik menuju transformasi rumah sakit menuju paperles dan diharapkan dengan sistim aplikasi ini akan mempermudah dan mempersingkat waktu dalam pengelolaan administrasi yang berdampak pada peningkatan mutu layanan rumah sakit serta menunjang Medical Tourism dan layanan kesehatan pada perhelatan Moto GP ke depannya.

Direktur berharap 3 (tiga) bulan ke depan sudah ada migrasi data dan perubahan budaya kerja terkait perilaku dalam bekerja dengan menggunakan e-hospital. Tetap semangat dan jaga kesehatan serta jadilah contoh dalam menerapkan protokol kesehatan.