Memperingati Breast Cancer Awareness Tiap Bulan Oktober, Kanker Payudara Menduduki Peringkat Pertama Kasus Kanker di Indonesia

Hello Healthy People dan Civitas Hospitalia! 👋

Apel Pagi Jumat ini (16 /10) Tim Instalasi Radioterapi mendapat giliran untuk mengisi materi, kali ini membahas tentang kanker payudara dalam rangka memperingati breast cancer awareness yang diperingati setiap Bulan Oktober 2020.

Pada kesempatan ini, Kepala Instalasi Radioterapi, dr. Hadi Nurhadi, Sp.Onk.Rad menyampaikan bahwa kanker payudara menduduki peringkat pertama untuk kasus kanker di Indonesia dengan angka 16,7% dari 348.809 kasus kanker dengan angka kematian 11% dari 207.210 kasus kematian akibat kanker.

Selain itu pasien kanker payudara yang berobat ke radioterapi didominasi oleh pasien dengan stadium lanjut, hal tersebut perlu menjadi perhatian bersama untuk melakukan tindakan pencegahan.

Tindakan tersebut salah satunya adalah dengan melakukan SADARI (periksa payudara sendiri) yang bisa dilakukan sekali seminggu, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan prakter sadari sendiri, diskusi tanya jawab dan pemberian doorprize utk peserta apel …

Di akhir sesi seperti biasanya, dilaksanakan Quiz dengan pertanyaan seputar Kanker Payudara dan Cara Pencegahannya.

Terima Kasih Tim Instalasi Radiologi, dengan penampilan luar biasa hari ini :
dr. hadi Nurhadi, Sp.Onk.Rad,
I Wayan Ari Makmur, S.Si,
Lalu Rodi Septiadi, S.Tr.Kes,
Lalu Alwinda Firdaos, S.Tr.Kes(Rad)