Penerapan Sistem Informasi Temu Arsip Tiga Detik (SITATIK) dalam Pengelolaan Arsip di RSUD Provinsi NTB

Sistem Informasi Temu Arsip Tiga Detik (SITATIK) merupakan sistem yang dibangun untuk mempersingkat waktu pencarian dokumen menjadi super singkat yaitu hanya 3 detik saja. Sebagai langkah awal, 2500 dokumen penting milik RSUD Provinsi NTB telah terintegrasi dengan sistem ini. Ada tiga tahapan yang harus dilakukan untuk sampai pada pelayanan cepat khususnya dalam rangka memenuhi permintaan dokumen yang “diburu” BPK atau Institusi Pemeriksa lainnya yaitu: Pemilahan Dokumen, Penerbitan Daftar Dokumen dan Pemanfaatan Teknologi Informasi.
Alhamdulillah, dengan segala keterbatasan, Tim Penataan Arsip RSUD Provinsi NTB yang saat ini masih menumpang ruangan kerja pada Gedung Instalasi Linen Lantai II terus melakukan tahap demi tahap penataan dokumen lainnya yang masih “menggunung”.
Patut pula disyukuri bahwa kegiatan penataan dokumen saat ini juga sedang berlangsung di Instalasi Pengadaan Barang dan Jasa (IPBJ) RSUD Provinsi NTB. Pada hari Sabtu 25 Mei 2024 Kepala Instalasi IPBJ dan Crew berkesempatan datang berkunjung ke Depo Arsip RSUD Provinsi NTB untuk melihat langsung sekligus berlatih temu cepat dokumen.
Tidak lupa pula kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak H. Amirudin, SE (Analis Kebijakan Ahli Muda) Bidang Litbangkes RSUD Provinsi NTB atas bimbingan, motivasi dan inovasinya yang tentunya sangat bermanfaat. Teruslah menebar manfaat selagi masih sehat.