Fasilitasi Komunikasi Pelayanan dengan Dokter Spesialis, RSUD Provinsi NTB bentuk CASE MANAGER

DSC_0760DSC_0781DSC_0756

Mataram, 27 Januari 2015. Kepuasan adalah memahami kebutuhan pasien dan keinginan konsumen dalam mempengaruhi kepuasan pasien yang merupakan aset yang sangat berharga, karena apabila pasien puas mereka akan terus melakukan pemakaian terhadap jasa pilihannya, tetapi jika pasien merasa tidak puas mereka akan enggan kembali untuk memakai jasa tersebut. Kondisi tersebut dapat mengakibatkan rumah sakit kehilangan kepercayaan sehingga pasien beranggapan bahwa rumah sakit tidak akan menyediakan pelayanan yang dapat memuaskan pasien.  Oleh karena itulah RSUD Provinsi NTB menempuh upaya  meningkatkan  koordinasi dalam pelayanan yang diterjemahkan dalam peran case manager.

Case Manager yang dipilih dari Profesi dokter Umum diharapkan membantu manajemen dalam koordinasi  pelayanan medis yang diberikan sejak pasien masuk sampai pulang dari Rumah sakit. Tugas Case Manager diantaranya :

• Memonitor permasalahan yang potensial terjadi
• Mengevaluasi permasalahan dan mengusulkan solusi
• Mengkomunikasikan solusi dan alternatif pemecahan masalah pelayanan
• Melakukan tindakan emergensi jika diperlukan
• Mengkoordinir pelaksanaan program
• Penghubung pasien/ keluarga dengan dokter utama atau bidang lain di rumah sakit
• Penghubung antar dokter spesialis
• Pertolongan gawat darurat
• Pelayanan kepada pasien sesuai standar
• Meningkatkan kepuasan pasien
• Mengkoordinasikan pemberian pelayanan yang berkualitas
• Mengkomunikasikan, memonitor dan mengevaluasi pelayanan pasien sejak masuk sampai dengan keluar Rumah sakit

Harapannya masyarakat yang menggunakan jasa rumah sakit mendapat pelayanan yang optimal. Tentunya keberhasilan CASE MANAGER tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama semua lini yang ada di RSUD Provinsi NTB. Selamat kepada para CASE MANAGER semoga dapat melaksanakan tugas dan menghantarkan RSUD Provinsi NTB melayani dengan tulus dan santun. (Humas)