dr. Dewi Anjarwati, Sp. Rad : Menuju Rumah Sakit Unggul, RSUD PROVINSI NTB DILENGKAPI CT-SCAN CANGGIH

 

Mataram

Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi NusaTenggara Barat (RSUD Provinsi NTB) yang baru saja berhasil meraih akreditasi paripurna atau bintang lima dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) dituntut untuk terus meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat. Akreditasi paripurna itu tidak hanya menuntut peningkatan mutu pelayanan, tetapi juga harus diiringi dengan semakin profesionalnya para dokter dan paramedis serta ketersediaan peralatan kedokteran yang canggih dan modern sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sangat beralasan jika Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr. TGH Muhammad Zainul Majdi, MA, akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB),  terkait dengan akreditasi paripurna tersebut, mengharapkan RSUD Provinsi NTB menjadi salah satu garda terdepan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat NTB. “Ini kesempatan untuk berbenah dan semangat untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Nusa Tenggara Barat,” kata Gubernur NTB.  Tantangan menjadi salah satu garda terdepan dalam pelayanan kesehatan yang diberikan Gubernur Dr. TGH Muhammad Zainul Majdi, MA itu, ditanggapi sungguh-sungguh oleh Direktur RSUD Provinsi NTB dr. H. Lalu Hamzi Fikri, MM dengan mengatakan bahwa saat ini merupakan tonggak awal dan momentum untuk memulai suatu perubahan. Perubahan dan pembenahan di berbagai aspek pelayanan memang harus terus dilakukan.

Perubahan dan pembenahan ini menjadi salah satu jawaban bagi harapan dan  tuntutan masyarakat Nusa Tenggara Barat terutama yang terkait dengan pelayanan berkualitas, prima dan berfokus pada pelayanan pasien. Ini juga sesuai dengan visi RSUD Provinsi NTB menjadi rumah sakit rujukan yang unggul serta misi meningkatkan kelancaran dan ketepatan pelayanan kedokteran yang profesional selaras dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran.

 

Instalasi Radiologi

Dunia kedokteran saat ini terus berkembang. Keberadaan sebuah rumah sakit yang unggul juga harus disertai ketersediaan peralatan kedokteran yang canggih dan modern. Di sini keberadaan Instalasi Radiologi menjadi sangat penting. Instalasi Radiologi merupakan salah satu instalasi penunjang medis yang memberikan layanan pemeriksaan radiologi (pencitraan) dengan hasil foto atau gambar (imaging) yang kemudian diinterpretasikan oleh dokter spesialis radiologi. Pelayanan radiologi ini sangat penting untuk membantu penegakan diagnosis penyakit pasien sehingga para dokter dapat memberikan pengobatan atau perawatan yang tepat dan akurat.

Untuk menjadi rumah sakit yang unggul serta ikhtiar meningkatan pelayanan kepada pasien, Instalasi Radiologi RSUD Provinsi NTB terus berbenah dan melengkapi dengan berbagai peralatanan canggih dan modern. Kepala Instalasi Radiologi RSUD Provinsi NTB dr. Dewi Anjarwati, MKes, SpRad, mengatakan RSUD Provinsi NTB saat ini sudah dilengkapi peralatan radiologi canggih dan modern untuk pemeriksaan penunjang diagnosis penyakit pasien. Langkah ini juga sesuai dengan harapan Gubernur Dr. TGH Muhammad Zainul Majdi, MA dan Direktur RSUD Provinsi NTB dr. H. Lalu Hamzi Fikri, MM bahwa RSUD Provinsi NTB berikhtiar menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat NTB.

Instalasi Radiologi RSUD Provinsi NTB kini dilengkapi peralatan radiologi yang canggih dan modern, yakni CT-Scan 128 Slice, X-Ray CR, X-Ray DR, Panoramic, C- Arm dan USG Color Doppler. Bahkan, dalam waktu yang tidak lama lagi, rumah sakit ini juga akan dilengkapi MRI dan Mammografi.  CT-Scan 128 Slice ini menjadikan RSUD Provinsi NTB satu-satunya rumah sakit pemerintah di NTB yang mengoperasikan alat radiologi canggih dan modern ini. Sementara gedung atau ruang radiologi RSUD Provinsi NTB ditempatkan di lokasi strategis dengan penataan yang representatif sehingga memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pasien yang sedang berobat ke rumah sakit terbesar di Nusa Tenggara Barat ini.

CT-Scan 128 Slice (Computed Tomography Scanner) merupakan generasi baru CT-Scan yang memiliki kemampuan menghasilkan informasi dan gambaran diagnostik yang lebih baik, termasuk untuk pemeriksaan organ bergerak seperti otak, hati dan jantung. Dengan kecepatan pemeriksaan cukup singkat, peralatan radiologi ini  mampu menghasilkan gambar lebih akurat dengan resolusi yang lebih baik. Dengan tingkat akurasi yang tinggi serta ketajaman gambar yang lebih baik dari generasi sebelumnya menjadikan alat ini mampu mendeteksi kelainan organ dan tubuh manusia (whole body scan). Keunggulan lain alat ini adalah tingkat radiasi lebih kecil sehingga aman bagi tubuh. Proses scanning menjadi lebih cepat, multiple phase/pengambilan gambar sekaligus untuk seluruh tubuh hanya membutuhkan waktu sekitar sepuluh detik, serta dapat menilai perfusi jaringan dan organ bergerak seperti otak, hati, jantung dan lain-lain.

Di sisi lain, alat pemindai ini juga mampu membuat potongan/irisan sangat tipis dan cepat mengambil gambar dari kepala sampai kaki sehingga sangat cepat dan akurat jika harus melakukan pemeriksaan seluruh tubuh. Bahkan, alat ini mampu membuat detail gambar struktur pembuluh darah organ tubuh dengan jelas. Selain itu, alat ini juga memungkinkan untuk merekonstruksi ke bentuk tiga dimensi sehingga menghasilkan gambar lebih nyata. Begitu juga dengan pemeriksaan jantung, dengan keadaan denyut yang cepat atau tidak teratur (aritmia) yang selama ini menjadi masalah pada alat generasi sebelumnya, kini dengan CT-Scan 128 Slice dapat lebih cepat mengambil gambar denyut jantung.

X-Ray CR (X-Ray Computed Radiography) berbeda dengan pemindaian (rontgen dengan X-Ray) konvensional yang selama ini banyak digunakan di rumah-rumah sakit. CR merupakan sistem atau proses mengubah sistem analog menjadi digital radiografi. Data (hasil gambar X-Ray pasien) yang analog atau konvensional dikonversi ke dalam data digital. Keunggulan alat ini, proses pengulangan pengambilan gambar (rontgen) yang rendah karena kesalahan faktor teknis, resolusi kontras yang lebih tinggi, kualitas gambar dapat ditingkatkan, dan penyimpanan gambar lebih mudah baik dengan hard copy maupun penyimpanan elektronik.  Sedangkan,  X-Ray DR (X-Ray Digital Radiography) merupakan bentuk pencitraan Sinar X (rontgen) di mana sensor-sensor Sinar X digital digunakan untuk menggantikan film fotografi konvensional. Prosesing kimiawi digantikan dengan sistem komputer yang terhubung dengan monitor atau laser printer.  Keunggulan alat ini, gambar yang dihasilkan dapat langsung dikirimkan dalam bentuk digital kepada dokter spesialis radiologi di ruang baca melalui jaringan komputer. Dengan cara ini, dimungkinkan pembacaan teleradiologi. Sedangkan Panoramic disiapkan untuk pemeriksaan pencitraan gigi geligi, rahang atas dan rahang bawah.  C-Arm untuk membantu dan memandu tindakan operasi di ruang OK (operatie kamer/kamar operasi).

USG (Ultrasonografi) Color Doppler merupakan alat yang menggunakan gelombang suara untuk mengetahui aliran darah di pembuluh daerah. USG Color Doppler akan membantu dokter mendeteksi keadaan pasien, seperti bekuan darah di pembuluh atau penyempitan pembuluh darah hampir di seluruh bagian tubuh, serta gangguan katup pada vena kaki yang dapat menyebabkan darah terkumpul di kaki (insufisiensi vena). USG ini juga mampu mendeteksi penurunan sirkulasi darah ke kaki,  serta jumlah dan lokasi plak yang terbentuk di pembuluh darah arteri yang menyebabkan terjadinya penyempitan. Alat ini sangat penting untuk mendeteksi kemungkinan adanya penyempitan pembuluh darah di leher yang dapat berisiko stroke dan mengevaluasi aliran darah setelah serangan stroke atau kondisi lain yang disebabkan gangguan aliran darah. Selain itu, alat ini mampu mengevaluasi aliran darah pada ginjal atau hati, sedangkan pada ibu hamil dapat mengevaluasi status kesehatan janin dalam kandungan sekaligus dapat melihat aliran darah di otak dan jantung janin yang sudah terbentuk. Dengan USG Color Doppler dapat diketahui apakah janin mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi, serta mampu melihat kelainan yang mungkin atau sudah terjadi selama masa kehamilan seperti kondisi dan gangguan pertumbuhan janin.

Kehadiran MRI 1.5 Tesla

Sejumlah peralatan radiologi canggih dan modern yang kini dimiliki RSUD Provinsi NTB merupakan komitmen rumah sakit rujukan di provinsi ini untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Para dokter spesialis radiologi, radiografer dan staf lainnya juga berkomitmen menjadikan  Instalasi Radiologi sebagai salah satu instalasi yang dapat memberikan layanan unggul dan profesional serta ujung tombak pelayanan prima kepada masyarakat NTB. Ke depan, dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi, RSUD Provinsi NTB juga akan dilengkapi MRI (Magnetic Resonance Imaging) 1.5 Tesla yang merupakan alat pemindai memanfaatkan medan magnet dan energi gelombang radio untuk menampilkan gambar struktur dan organ dalam tubuh. MRI dapat membantu dokter melakukan diagnosis terhadap berbagai kondisi di jantung dan pembuluh darah, otak dan saraf tulang belakang, tulang dan sendi, payudara, dan organ internal bagian tubuh lainnya, dengan menciptakan gambar yang lebih jelas sehingga dapat ditegakkan diagnosis yang tepat dan akurat.

Selain itu, di Instalasi Radiologi direncanakan pula Mammografi yang merupakan alat pemeriksaan radiologis khusus untuk menilai jaringan payudara seseorang, serta dapat melihat beberapa tipe tumor dan kista. Alat ini juga masih menjadi pilihan utama untuk mendiagnosis kanker payudara. Dengan berbagai kelengkapan peralatan kedokteran yang canggih dan modern di Instalasi Radiologi, RSUD Provinsi NTB berharap dapat menjadi rumah sakit rujukan yang unggul dan profesional dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Sebuah rumah sakit akan menjadi unggul, modern dan selalu memberikan pelayanan kesehatan yang optimal kepada masyarakat jika disertai dengan kelengkapan peralatan penunjang yang canggih dan modern di samping keberadaan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi di bidangnya. Insya Allah RSUD Provinsi NTB menuju ke level itu dengan terus berikhtiar mewujudkannya untuk masyarakat Nusa Tenggara Barat. (dr. Dewi Anjarwati, Sp.Rad / Kepala Instalasi Radiologi RSUD Provinsi NTB)