Aplikasi BMS (Bed Management System), Program Unggulan Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat

Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat saat ini, membuat Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat terus meningkatkan kualitas pelayanan, salah satunya dengan mengembangkan layanan rawat inap yang menggunakan aplikasi BMS (Bed Management System). BMS merupakan aplikasi pengelolaan manajemen tempat tidur yang mempermudah masyarakat memperoleh informasi ketersediaan tempat tidur yang dapat diakses melalui website RSUD Provinsi NTB (www.rsud.ntbprov.go.id). Inovasi terbaru yang dikembangkan oleh RSUDP NTB  diharapkan masyarakat dapat mengetahui tempat tidur yang kosong.

Aplikasi BMS akan selalu di update oleh petugas, apabila terdapat pasien yang sudah meninggalkan kamar pasien untuk segera di update pada aplikasi, sehingga memberikan pelyanan informasi agar masyarakat dapat dengan cepat untuk mengakses layanan pada aplikasi BMS.

Dr. H. Lalu Hamzi Fikri, MM selaku Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi NTB mengatakan, “Agar tidak terlalu banyak pintu untuk mengakses tempat tidur pasien.  Banyaknya pintu sehingga membuat orang melakukan tindakan di luar aturan, dan sekarang sudah di buat pelayanan satu pintu melalui aplikasi BMS, insya Allah akan bermanfaat dan mudah di akses oleh masyarakat.” tutur direktur RSUD Provinsi NTB. (Ely/Lulu/Man/Angga)\

Aplikasi BMS juga bisa dilihat di loket pendaftaran rawat inap, informasi dan OTS IGD. Jika dilihat dalam tampilan aplikasi BMS tempat tidur diberikan tanda dengan 4 warna warna berbeda di masing-masing ruangan. Warna merah berarti tempat tidur terisi, warna hijau tempat tidur kosong atau tersedia, warna kuning tempat tidur dengan catatan (khusus untuk Pasien yang sedang operasi, dll) dan warna hitam tempat tidur ada perbaikan di ruangan nya.
Rekapitulasi tempat tidur kosong atau tersedia di masing masing ruangan dapat diakses di website www.rsud.ntbprov.go.id

Leave a Reply