Capaian RSUD Provinsi NTB Tahun 2017 dan Program Kerja 2018

Sebagai salah satu Pusat Pelayanan Kesehatan di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD) NTB yang memiliki visi unggul terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat sebagai program prioritas RSUDP NTB Pada tahun 2017, berorientasi pada pelayanan, pendidikan dan penelitian, dengan tipe B Pendidikan dan sudah terakreditasi Paripurna.

Dengan menyandang Akreditasi Paripurna ini, RSUDP NTB terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan dalam segala sisi, terutama dalam hal peningkatan mutu (Quality Improvement) antara lain keamanan pasien (safety), kepuasan pasien (satisfaction), dan hasil klinis pelayanan (clinical outcomes).

Pada tahun 2017, RSUDP NTB memiliki beberapa layanan unggulan yang terus dikembangkan, diantaranya pengembangan Instalasi Rawat Jalan dengan memudahkan pasien mendapatkan pelayanan seperti pemberlakuan nomor antrian, loket pendaftaran khusus lansia, ibu hamil, onkologi dan hemodialisa, layanan Rawat Inap yang meliputi pengembangan Aplikasi BMS (Bed Management System) yang dapat diakses masyarakat melalui website, ruang intensive care unit, ruang perawatan khusus untuk kasus tertentu seperti mers cov dan diftery, serta perawatan sehari (One Day Care). Terdapat pula layanan non medis meliputi Laboratorium, Hemodialisa, Farmasi, Laboratorium Gigi, Bank Darah, Bronscoscopy, EKG, EEG, Endoscopy, Ekokardiografi, Treadmill, dan Instalasi Gizi. Selain itu terdapat pula Gedung Grha Mandalika yang didalamnya terdapat Unit Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes), 32 kamar penginapan yang dapat dimanfaatkan keluarga pasien dan masyarakat.

Beberapa prestasi yang pernah diraih RSUDP NTB sebagai Rumah Sakit rujukan, yang memiliki motto “Melayani dengan santun dan tulus” pernah mendapat Abdi Satya Bhakti dan Karya Utama Abdi Negara dari Presiden RI (1995-1999), terakreditasi penuh untuk lima jenis pelayanan( 1997 -2000), sebagai Laboratorium rujukan pemeriksaan HIB dan Anugerah Teknologi Terapan Provinsi NTB (2001), terakreditasi penuh tingkat lanjut untuk 12 pelayanan (2001-2004), pusat rujukan Laboratorium SARS (2003), penetapan sebagai sarana kesehatan CTKI dari Pemerintah Malaysia (2004), peningkatan status menjadi RS Kelas B Pendidikan (2005), pemenang II RS Tipe B lomba KB Pasca Persalinan dan Pasca Keguguran RS Tipe B, C dan D atau setara tingkat Nasional (2014), menerima predikat kepatuhan standar pelayanan publik dari Ombudsman RI (2014), mendapat Akreditasi Paripurna dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (2017), mendapat predikat wilayah bebas korupsi dari Kementerian PAN-RB (2017) dan memperoleh juara I penilaian pelayanan publik berprestasi lingkup Pemprov NTB (2017).

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi NTB dr. H. Lalu Hamzi Fikri, MM mengatakan, terus mengembangkan berbagai inovasi salah satunya mengembangkan pelayanan jantung terpadu dengan melengkapi peralatan penunjang medis canggih (Cathlab) yang memadai untuk melakukan tindakan terkait penyakit Kardiovaskular. “Sebelumnya pasien yang membutuhkan tindakan dengan menggunakan Cathlab harus dirujuk ke Rumah Sakit luar daerah, tapi kini kita sudah bisa tangani sendiri “, ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan dokter yang dilantik pada 1 Oktober 2016 itu. Terdapat juga pengembangan layanan penunjang CT Scan (Computed Tomography Scan) 128 slices membantu dalam pemeriksaan seluruh organ tubuh seperti susunan saraf pusat, otot, tulang, tenggorokan, dan rongga perut. Pada tahun 2018 ini akan dilengkapi dengan alat Mamography dan MRI yang dipersiapkan untuk Diagnostic pasien. ” Saya harap tahun ini kita bisa selesaikan layanan Radioterapi, sebagai layanan unggulan Medical Tourism nantinya, juga sebagai pelengkap layanan terpadu Onkologi, mengingat kasus kanker di NTB cukup tinggi “, imbuhnya.

Kedepannya, seluruh management Rumah Sakit akan diberikan ruang untuk terus mengasah kreatifitas dan melakukan inovasi, sehingga ikhtiar untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dapat tercapai. (Lulu/serly/Angga/Man).

Soruce: http://kesehatan.kampung-media.com/2018/03/15/capaian-kinerja-rsud-provinsi-ntb-23318

 

Leave a Reply