Workshop HOPE Hari Ke-2 Dihadiri oleh Direktur dan Wakil Direktur RSUD Provinsi NTB

Mataram, 08 November 2018

#WorkshopHOPE

Workshop HOPE untuk melatih dan menyiapkan sumber daya di lingkungan rumah sakit dalam menghadapi korban massal dan bencana. Terselenggara atas kerjasama antara Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) & Ikatan Ahli Bedah Indonesia (IKABI). Peserta berasal dari rumah sakit yang tersebar di Nusa Tenggara Barat dengan latar belakang medis dan umum.

Pada hari kedua ini (08/11) tampil Narasumber Dr. Adib A. Yahya, MAR, Dr. Ir. Teddy Boen, Dr. I Nengah Kuning, SpB dan Mudjiharto.

Materi yang disampaikan diantaranya rancangan Hospital Disaster Planning untuk rumah sakitnya, konsep UGD & pengoperasiannya, Hospital Evacuation, disaster plan untuk scenario di dalam Table top exercise serta upaya pemberantasan penyakit menular, terutama malaria (bagi daerah endemis malaria), DBD, diare dan penyakit potensial wabah lainnya.

Disamping itu dijelaskan tentang Survailans faktor risiko, penyakit menular dan gizi yang dilaksanakan setiap hari selama masa tanggap darurat dan transisi ke tahap pemulihan yang tujuan utamanya adalah untuk mendeteksi potensi kemungkinan munculnya penyakit melalui sistem kewaspadaan dini.

Peserta tampak antusias selama mengikuti Workshop HOPE ini.

#Semangatmenjadilebihbaik

Leave a Reply