#Roleplay Implementasi Sasaran Keselamatan Pasien di Ruang Perawatan

Seluruh tindakan medis terhadap pasien pasti memiliki risiko tersendiri. Pastinya tidak ada satu petugas kesehatan atau dokter pun yang menginginkan pasiennya mengalami risiko tidak diinginkan tersebut. Oleh sebab itu, keselamatan pasien harus diutamakan dalam setiap penanganan medis. Setiap tenaga medis harus memahaminya, sehingga bisa menerapkannya dengan baik.

Keselamatan pasien adalah kunci penting bagi setiap fasilitas kesehatan. Hal ini pula yang menjadi indikator sangat penting dalam penilaian sebuah rumah sakit. Terutama dalam kepentingan akreditasinya sebagai standar mutu atas pelayanan dan kinerjanya. Untuk menjamin hal tersebut, maka sudah ditetapkan 6 sasaran keselamatan pasien.

Pada kesempatan apel pagi beberapa hari lalu, Tim SKP bersama Ruang Sendang Gile melakukan roleplay sasaran keselamatan pasien yang telah ditetapkan diantaranya :

1. Ketepatan identifikasi pasien
Hal ini untuk mengembangkan pola pendekatan agar bisa meningkatkan atau memperbaiki ketelitian dalam identifikasi pasien. Aplikasinya seperti identifikasi sebelum pemberian atau pengambilan darah, konsumsi obat dan tindakan lainnya. Salah satu pendukung poin ini adalah penggunaan gelang identitas pasien.
2. Peningkatan komunikasi efektif
Cara ini untuk mengembangkan pola pendekatan agar komunikasi bisa berjalan dengan efektif. Hal ini bertujuan agar komunikasi lisan terjadi dengan akurat, sehingga informasinya bisa diterapkan secara konsisten.
3. Peningkatan keamanan obat atau high alert yang harus diwaspadai
Cara ini dilakukan agar memastikan obat tetap aman untuk diberikan kepada pasien. Prosedur ini berkaitan dengan proses identifikasi, pemberian label, penetapan lokasi dan penyimpanannya.
4. Kepastian terhadap lokasi, prosedur dan pasien operasi
Cara ini diaplikasikan agar pasien tercatat dengan valid sebelum mendapatkan tindakan operasi.
5. Pengurangan terhadap risiko infeksi setelah menggunakan pelayanan kesehatan
Hal ini adalah prosedur dalam pencegahan penyakit menular dan infeksi sesuai dengan pedomannya.
6. Pengurangan risiko jatuh
Setiap tenaga medis harus memahami dan mengaplikasikan sejumlah langkah untuk memastikan pasien tidak mengalami risiko jatuh. Semua langkah akan diawasi untuk memastikan keberhasilannya. Dengan begitu segala risiko tersebut tidak akan menimpa pasien yang tengah dirawatnya. Nah itulah, dasar peraturan dan sasaran keselamatan untuk pasien yang tentunya harus dipahami dan diaplikasikan oleh seluruh tenaga medis. Dengan mengikuti setiap prosedurnya maka setiap pasien akan mendapatkan pelayanan prima dan terhindar dari beragam risiko.

Manajemen RSUDP NTB terus melakukan sosialisasi prosedur pelayanan yang telah ditetapkan dengan memanfaatkan semua kesempatan termasuk roleplay pada apel pagi di Hari Rabu, kamis dan Jumat (Khusus dalam Bahasa Inggris).

Semangat untuk belajar, terima Tim SKP dan Kepala Ruangan Sendang Gile bersama Crew atas gelaran roleplay kali ini.

#rsudpntbsehatdancerdas
#ntbgemilang