Hari Tanpa Tembakau Sedunia

Hello Healthy People dan Civitas Hospitalia! 👋

Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia pada tanggal 31 Mei 2020 ini mengangkat tema ‘Cegah Anak dan Remaja Indonesia dari ‘Bujukan’ Rokok.

Tembakau membunuh lebih dari 8 juta orang di seluruh dunia tiap tahunnya. Lebih dari 7 juta kematian ini diakibatkan oleh penggunaan langsung tembakau dan sekitar 1,2 juta diakibatkan paparan asap rokok orang lain.

Jumlah perokok berusia 10-18 tahun di Indonesia berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 mencapai 9,1% dan Indonesia menempati posisi puncak untuk angka perokok remaja terbanyak di dunia.

Di saat pandemi sekarang ini, kebiasaan merokok terbukti merusak paru-paru dan organ tubuh lainnya sehingga dapat meningkatkan risiko terjangkit COVID-19 yang parah. Perokok yang terinfeksi COVID-19 2 kali lebih butuh ventilator dan ruang ICU (Vardavas, ConstantineI, and Katerina Niktara, 2020).

Seiring dengan dimulainya era new normal life, maka kebiasaan merokok harus dihentikan sekarang juga karena sudah terbukti merupakan perilaku yang berbahaya bagi kesehatan. Justru kebiasaan seperti menjaga jarak, menggunakan masker dan rajin cuci tangan pakai sabun adalah perilaku normal yang harus kita lakukan untuk mencegah penularan penyakit.

#TolakBujukanRokok
#MelayaniDenganTulusDanSantun
#NTBMelawanCorona
#BersamaLawanCovid19
#rsudpntb
#rsudpsehatdancerdas
#rsudpntbbersihdanmelayani
#rsudpntbasridanlestari
#Pkrsrsudprovntb
#ntbsehat
#ntbgemilang