Mengenal Mas Jirol, IPCN RSUD Provinsi NTB

Hello Healthy People dan Civitas Hospitalia! 👋

IPCN atau Perawat Pencegah dan Pengendali Infeksi merupakan tenaga profesional dan praktisi dalam pelaksanaan PPI di RS dan fasilitas kesehatan lainnya. Berdasarkan SK Menkes tahun 2007 bahwa setiap RS harus melaksanakan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) dan memiliki IPCN. Tentunya peranan IPCN ini sangatlah penting, terlebih dalam mengahadapi masa pandemi Covid-19. Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi NTB telah memiliki Komite PPI dan Petugas IPCN dan telah membentuk IPCN.
Sebagai IPCN tugasnya bagaimana mencegah agar tidak terjadi infeksi dari petugas ke pasien, pasien ke petugas, pasien ke pengunjung atau sebaliknya. Bagaimana caranya agar tidak terjadi infeksi silang . termasuk pada antar sesama tenaga kesehatan.

Hari ini (12/06) berkesempatan bertemu salah seorang Petugas IPCN “militan” yang dimiliki RSUD Provinsi NTB, yaitu “Mas Jirol”.

Bagaimana suka-duka menjadi IPCN selama pandemi Covid-19 ini?

“Banyak sukanya.”

Dengan pandemi ini kekeluargaan lebih terjalin sesama petugas. Teman-teman lebih peduli bagaimana menggunakan APD dan mencuci tangan. Saat pandemi bahkan kepedulian petugas semakin tinggi.
Sementara jika ada kasus PDP di malam hari , Mas Jirol menyampaikan di ruangan selalu berkomunikasi dan konsultasi bagaimana penanganannya, minta saran untuk di ruanggannya. Selalu disarankan untuk melakukan dekontaminasi permukaan (ruangan) baru dilakukan drymist agar tidak terjadi kontaminasi silang Pasien dengan lingkungannya.

Pesan Mas Jirol kepada Civitas Hospitalia, “Jangan panik yang berlebihan, hanya saja perlu kewaspadaan dengan lebih pada perilaku menerapkan protokol kesehatan. Untuk penularan infeksi tidak serta merta dan tidak semudah penularannya karena ada tahapan penularan infeksi ke tubuh kita, sehingga diharapkan lebih disiplin dalam protokol kesehatan.

Sehat Selalu “Mas Jirol”, TGR, H. Rolly Arman, S.Kep.Ns. 😊😇

#MelayaniDenganTulusdanSantun
#RSUDPntb
#NTBMelawanCorona
#BersamaLawanCovid19
#PKRSrsudprovntb
#rsudpsehatdancerdas
#rsudpntbbersihdanmelayani
#rsudpntbasridanlestari
#ntbsehat
#ntbgemilang