Petugas Kebersihan Sebagai Satu Tenaga Penting di Rumah Sakit.

Hello Healthy People dan Civitas Hospitalia! 👋

*****
Petugas yang bertanggung jawab terhadap kebersihan rumah sakit adalah Petugas kebersihan atau cleaning service di bawah pengawasan Instalasi Kesehatan Lingkungan.

Memiliki jam kerja selama 24 Jam dengan sistem shift, memerlukan kualifikasi Petugas yang harus baik. Untuk itu rumah sakit sejak tahun 2014 telah menggandeng vendor vendor yang menyiapkan tenaga cleaning service dengan kualifikasi yang sesuai dengan kebutuhan rumah sakit.

Mengingat rumah sakit bergerak dibidang layanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan perorangan secara paripurna baik mulai Instalasi rawat jalan, rawat inap dan gawat darurat. Rumah sakit sebagai sarana pelayanan kesehatan, tempat berkumpulnya orang sakit dan sehat dapat menjadi tempat penularan penyakit serta memungkinkan terjadinya pencemaran lingkungan dan gangguan kesehatan. Oleh karenanya peranan petugas cleaning service untuk menjamin kebersihan dan menghindari tercemarnya lingkungan di rumah sakit.

Pagi ini Wadir SDM dan Diklit, dr. Oxy Tjahjo Wahjuni, Sp.EM dalam apel menyampaikan peran cleaning service sebagai salah satu pioner tenaga terdepan yang juga mewakili layanan di rumah sakit.

Selain bertugas membersihkan areal nya, bagaimana cleaning service bersikap melayani dengan ramah, santun dan cekatan. “Setiap masuk ruangan pasien hendaknya berkomunikasi dengan baik kepada pasien atau keluarga”, dr Oxy mengingatkan.

Diharapkan Instalasi Kesehatan Lingkungan lebih aktif mengambil peran untuk melakukan pembinaan.

Petugas Cleaning Service tidak lagi bekerja dalam senyap… tapi berikan performance nya melalui komunikasi efektif sebagai salah satu front liner rumah sakit.

Semangat dan terus berkarya memberikan pelayanan yang terbaik kepada customer kita.

Yuk bantu Pemerintah menjadi ‘pejuang’ dalam memutus rantai penularan virus ini dengan #tetapdirumahaja, wajib #menggunakanmasker dan rajin #mencucitangan. 🤗

#MelayaniDenganTulusDanSantun
#NTBMelawanCorona
#BersamaLawanCovid19
#rsudpntb
#rsudpsehatdancerdas
#rsudpntbbersihdanmelayani
#rsudpntbasridanlestari
#Pkrsrsudprovntb
#ntbsehatdancerdas
#ntbgemilang