Gubernur dan Wakil Gubernur NTB Resmikan UTDRS RSUD Provinsi NTB

Hello Healthy People dan Civitas Hospitalia! 👋

*****

Hari ini (17/08) Gubernur NTB “Dr. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc” dan Wakil Gubernur NTB “Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd” melakukan peresmian Unit Transfusi Darah Rumah Sakit (UTDRS) yang ditandai dengan pengguntingan pita, kemudian dilanjutkan tinjauan fasilitas yang tersedia di UTDRS Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Pelayanan transfusi darah merupakan upaya pelayanan kesehatan yang memanfaatkan darah manusia sebagai bahan dasar dengan tujuan kemanusiaan. Pelayanan unit transfuse darah sebagai salah satu upaya kesehatan dalam rangka penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan sangat membutuhkan ketersediaan komponen darah yang cukup, aman, mudah diakses, dan terjangkau oleh masyarakat.
Sebagai rumah sakit rujukan Tipe B Pendidikan, RSUD Provinsi NTB membentuk Instalasi Bank Darah pada tahun 2011 yang bertanggungjawab atas tersedianya darah untuk transfusi yang aman, berkualitas, dan dalam jumlah yang cukup untuk mendukung pelayanan kesehatan di rumah sakit.
Seiring dengan dinamika dan tuntutan pelayanan, maka dipandang perlu untuk melakukan transformasi dari Bank Darah Rumah Sakit (BDRS) menjadi Unit Transfusi Darah Rumah Sakit (UTD RS).

RIWAYAT PERJALANAN PROSES VISITASI UTD RS :

1. Pengajuan permohonan izin Penyelenggaraan UTDRS ke Gubernur Nusa Tenggara Barat Tanggal 12 Maret 2020;
2. Koordinasi dan konsultasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi NTB terkait dengan proses izin penyelenggaraan UTDRS pada Tanggal 8 Mei 2020;
3. Pemberitahuan Visitasi dari Dinas Kesehatan Provinsi NTB pada Tanggal 19 Juni 2020;
4. Visitasi UTDRS oleh Tim Assesor Dinas Kesehatan Provinsi NTB pada tanggal 23 Juni 2020;
5. Soft Launching UTDRS RSUD Provinsi NTB direncanakan Tanggal 17 Agustus 2020.


Ketersediaan darah di UTD terbatas sehubungan dengan banyak rumah sakit yang harus dilayani permintaan darah baik rumah sakit negeri maupun rumah sakit swasta. Hal ini berdampak terhadap kurangnya pemenuhan kebutuhan darah di Bank Darah RSUD Provinsi NTB. Sehingga pelayanan IBDRS dalam memenuhi kebutuhan darah untuk transfusi darah tidak berjalan secara optimal, sehingga sasaran pemerintah sebagaimana dimaksud dalam Keputusan Menteri Kesehatan no. 423 Tahun 2007 tentang peningkatan akses dan kualitas pelayanan darah di Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi NTB belum dapat terlaksana secara optimal. Hal tersebut menimbulkan permasalah lain yang terjadi di Bank Darah Rumah Sakit antara lain:
1. Keterlambatan transfusi darah karena stok darah yang terbatas.
2. Beberapa persyaratan UTD yang mengharuskan keluarga pasien memberikan donor pengganti
3. Keterbatasan Keluarga pasien untuk menjangkau UTD yang berada di luar rumah sakit.
4. Keterbatasan UTD yang tersedia saat ini karena melayani banyak rumah sakit.
5. Terdapatnya trend peningkatan permintaan darah setiap tahunnya
6. Adanya permintaan khusus dari beberapa pasien untuk transfusi darah hanya dari keluarga terdekat.
7. Keterbatasan UTD yang ada untuk menyediakan darah PRC leukodepleted
Dengan adanya permasalahan di atas, Instalasi Bank Darah mulai mempersiapkan untuk menjadi UTDRS sejak tahun 2018. Persiapan alat dan gedung diusulkan secara bertahap. Sehingga pada akhirnya pada bulan Agustus 2020 semua persiapan telah rampung dan akan di launching pada tanggal 17 Agustus 2020 bertepatan dengan Hari Kemerdekaan RI Ke-75.
Dengan dilaunchingnya UTDRS RSUD Provinsi NTB diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanan pasien, dimana keluarga pasien dapat langsung mendonorkan darahnya tanpa perlu ke UTD PMI, dan juga selutuh staf Rumah Sakit diharapkan dapat berpartisipasi dengan melakukan donor darah secara suka rela secara teratur.

Yuk bantu Pemerintah menjadi ‘pejuang’ dalam memutus rantai penularan virus ini dengan #tetapdirumahaja, wajib #menggunakanmasker dan rajin #mencucitangan. 🤗

#MelayaniDenganTulusDanSantun
#NTBMelawanCorona
#BersamaLawanCovid19
#rsudpntb
#rsudpsehatdancerdas
#rsudpntbbersihdanmelayani
#rsudpntbasridanlestari
#Pkrsrsudprovntb
#ntbsehatdancerdas
#ntbgemilang