Alat APHERESIS Menjadi Andalan UTDRS RSUD Provinsi NTB

Hello Healthy People dan Civitas Hospitalia! 👋

BDRS ≠ UTDRS ≥ APHERESIS

* Oleh. Kepala Seksi Penunjang Medis

*****

Kami punya APHERESIS yang Insyaa Allah akan menjawab beberapa permasalahan yang menumpuk selama ini, termasuk beberapa diantaranya permasalahan Covid-19.

Dengan adanya UTDRS (Unit Transfusi darah Rumah Sakit) di rumah sakit membuat pelayanan darah bagi pasien menjadi lebih komprehensif, lebih efektif dan efisien. Keluarga pasien akan sangat dimudahkan apabila melakukan donor pengganti karena tidak perlu pergi ke UTD yang berada di luar rumah sakit.

UTDRS Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi NTB adalah satu-satunya UTDRS yang memiliki alat Apheresis di Nusa Tenggara Barat. Alat apheresis adalah alat yang berfungsi mengolah komponen darah secara fraksionasi. Apheresis berasal dari bahasa Yunani artinya mengambil satu atau lebih komponen darah kemudian komponen darah yang tidak diinginkan untuk diambil dikembalikan kepada pendonor. Melalui apheresis, dapat diperoleh salah satu atau lebih komponen darah seperti trombosit, sel darah merah, leukosit (limfosit, monosit, granulosit), plasma dan selpunca.

Keuntungan penyumbangan darah dengan cara apheresis adalah komponen darah yang tidak akan digunakan dikembalikan ke dalam tubuh donor dan mutu komponen darah lebih konsisten, kandungan biologis lebih besar dan komponen darah umumnya mengandung jumlah leukosit lebih rendah. 1 kantong trombosit apheresis kandungannya setara dengan 10 kantong trombosit biasa sehinga pasien tidak perlu mencari pendonor yang banyak dan dapat mengurangi resiko terjadinya reaksi transfuse darah.

Alat apheresis juga mempunyai kemampuan untuk menyaring leukosit sehingga bisa digunakan pada pasien yang mengalamai leukositosis. Selain itu alat apheresis dapat digunakan untuk pembuatan plasma convalesen yang digunakan sebagai terapi pada pasien positif covid 19.

Insyaallah, semoga bermanfaat bagi Masyarakat Nusa Tenggara Barat.

Yuk bantu Pemerintah menjadi ‘pejuang’ dalam memutus rantai penularan virus ini dengan #tetapdirumahaja, wajib #menggunakanmasker dan rajin #mencucitangan. 🤗

#MelayaniDenganTulusDanSantun
#NTBMelawanCorona
#BersamaLawanCovid19
#rsudpntb
#rsudpsehatdancerdas
#rsudpntbbersihdanmelayani
#rsudpntbasridanlestari
#Pkrsrsudprovntb
#ntbsehatdancerdas
#ntbgemilang