Tim Code Blue RSUD Provinsi NTB Memfasilitasi Peningkatan Kapasitas UPTD Rumah Sakit Lombok Timur

Hello Healthy People dan Civitas Hospitalia! 👋

*****
Ketua Tim Code Blue Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat, dr. Oxy Tjahjo Wahjuni, Sp.Em memberikan fasilitasi peningkatan kapasitas Petugas di UPTD Rumah Sakit Lombok Timur.

Dalam pemaparan awalnya, dr Oxy mengulas seputar code blue dan peranannya dalam menurunkan angka kematian akibat kegawatdaruratan.

Code blue merupakan salah satu kode prosedur emergensi yang harus segera diaktifkan jika ditemukan seseorang dalam kondisi cardiaerespiratory arrest di dalam area rumah sakit.

Code blue response team atau tim code blue adalah suatu tim yang dibentuk oleh rumah sakit yang bertugas merespon kondisi code blue didalam area rumah sakit. Tim ini terdiri dari dokter dan perawat yang sudah terlatih dalam penanganan kondisi cardiac respiratory arrest.

Resusitasi jantung paru merupakan serangkaian tindakan untuk meningkatkan daya tahan hidup setelah terjadinya henti jantung. Meskipun pencapaian optimal dari resusitasi jantung paru ini dapat bervariasi, tergantung kepada kemampuan penolong, kondisi korban, dan sumber daya yang tersedia, tantangan mendasar tetap pada bagaimana melakukan resusitasi jantung paru sedini mungkin dan efektif.

Bantuan hidup dasar menekankan pada pentingnya mempertahankan sirkulasi dengan segera melakukan kompresi sebelum membuka jalan napas dan memberikan napas bantuan. Perubahan pada siklus bantuan hidup dasar menjadi C-A-B (compression — airway — breathing) ini dengan pertimbangan segera mengembalikan sirkulasi jantung sehingga perfusi jaringan dapat terjaga.

Tim Code blue Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat yang digandeng dr. Oxy Tjahjo Wahjuni, Sp.Em dalam memberikan pelatihan di UPTD RS Lombok Timur kali ini terdiri dari : Setyono, S.Kep.Ns, H. Sadikin, S.Kep. Ns, MSN, Ardianto, S.Kep,Ns, dan Aluh Eka Novianty, S.Kep.Ns.

SELAMAT BERBAGI ILMU DAN PENGALAMAN…🙏🙏🙏